BPN Klaim Hasil Debat Capres Ke-4 Dikuasai Prabowo

Antara/Hafidz Mubarak A Capres nomor urut 01 Joko Widodo (kiri) dan capres nomor urut 02 Prabowo Subianto (kedua kanan) bersama Ketua KPU Arief Budiman (kedua kiri) sebelum mengikuti debat capres putaran keempat di Hotel Shangri La, Jakarta, Sabtu (30/3/2019).

BONEPOS.COM, Direktur Materi dan Debat Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Sudirman Said menilai hasil Debat Pilpres Ke-4 positif bagi kubunya.

Menurut Sudirman, penampilan Prabowo dalam debat dengan Capres 01 Jokowi tersebut berbeda dari sebelumnya. Dia juga mengklaim Prabowo berhasil menunjukkan kualitasnya sebagai calon pemimpin negara.

"Tugas pemimpin negara yaitu menjaga arah jangka panjang negara ini mau ke mana, menjaga tata nilai, integritas, perjuangan, idealisme," ujar Sudirman di Hotel Shangri-La, Jakarta, Sabtu 30 Maret 2019.

Sudirman menganggap Prabowo menguasai jalannya debat sekaligus materi mengenai ideologi, pertahanan dan keamanan, hubungan internasional dan pemerintahan. Meskipun ada beberapa pertanyaan bersifat teknis, kata Sudirman, Prabowo bisa menjawab dengan lugas dan mengedepankan aspek presidensial.

"Karena dijaganya tiga hal itu, bagaimana menjaga fisik arah jangka panjang, menjaga nilai-nilai dan bagaimana menjaga terobosan," ujar Sudirman.

Mantan Menteri ESDM itu juga memuji Prabowo berhasil membangun komunikasi pada debat kali ini, meski Capres 02 tersebut sempat mengeluarkan pernyataan dengan nada tinggi. Dia berdalih hal itu tak menunjukkan Prabowo emosional sebab materi pernyataan itu terkait substansi tema debat.

“Ketika sampai pada substansi yang sangat penting bagi negara, maka nada suaranya dari suara yang sangat comited bahkan cenderung sedikit ada emosi dalam hal baik. Tapi begitu sampai pada hubungan kemanusiaan, menjadi ringan, menjadi jenaka, itulah kualitas pemimpin sejati," ujarnya.