KPU Bone Adakan Sosialisasi Pemilih Basis Disabilitas

BONEPOS.COM, WATAMPONE -  Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bone bersama relawan demokrasi (relasi) terus bergerak sosialisasi kepada masyarakat jelang Pemilu 2019.

Kali ini, KPU Bone bersama relasi basis disabilitas sosialisasi di Sekolah Luar Biasa(SLB) Negeri 1 Bone, Kelurahan Lonrae, Kecamatan Tanete Riattang Timur, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan, Selasa (2/4/2019).

Di ujung timur Kota Watampone, hadir langsung Komisioner Divisi Parmas dan SDM KPU Bone  Bone Harmita.

Di depan pemilih basis disabilitas dan orang tua pemilih disabilitas, Harmita eduakasi tata cara melakukan pencoblosan di Pemilu 2019.

"Ketika sampai di TPS diberikan 5 surat suara, cara mencoblosnya bisa nomor urutnya atau gambar peserta pemilu, saya sarankan mencoblosnya hanya sekali," kata Harmita.

Ia menambahkan para pemilih dari disabilitas bisa didampingi di Tempat Pemungutan Suara(TPS).

"Khusus pemilih disabilitas maupun lansia bisa didampingi oleh keluarga atau petugas KPPS saat melakukan pencoblosan di TPS," kata  perempuan asal Ajangale Bone ini.

Kendati demikian, lanjut Harmita pendamping yang ditunjuk yang membantu pemilih tidak boleh menghasut untuk memilih paslon tertentu.

"Pendamping mesti menuruti apa keinginan pemilih disabilitas begitu juga harus menjaga kerahasiaan suara yang didampingi," tambahnya

Editor: Redaksi Bonepos