Sejumlah Wabup di Sulsel Hadiri Gelar Pengawasan Daerah 2019

BONEPOS.COM, SINJAI - Sejumlah Wakil Bupati dan Kepala Perangkat Daerah dan para Inspektur Kabupaten/Kota, lingkup Provinsi Sulsel, telah menghadiri acara Gelar Pengawasan Daerah 2019, di Makassar, Selasa, 2 April 2019.

Pada kegiatan tersebut, nampak Wakil Bupati Sinjai, Hj.Andi Kartini Ottong juga turut hadir dalam kegiatan Gelar Pengawasan Daerah Tahun 2019 tersebut.

Kegiatan ini, sekaligus dirangkaikan dengan Konferensi Asosiasi Auditor Intern Pemerintah Indonesia (AAIPI) Wilayah Provinsi Sulawesi Selatan yang tidak hanya dihadiri oleh para Wakil Bupati, kepala Perangkat Daerah lingkup Provinsi Sulsel, para Inspektur Kabupaten/Kota. Namun, juga telah dihadiri oleh tim tindak lanjut se- Sulsel.

Inspektur Provinsi Sulawesi Selatan, Lutfie Natsir dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan sebagai sasaran pemerintahan yang bebas KKN, akselerasi tindak lanjut, meningkatkan peran dan fungsi pengawasan dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik dalam upaya mewujudkan birokrasi anti korupsi sesuai dengan program kerja Gubernur.

"Kejaksaan akan melakukan evaluasi kinerja pengawasan dan memberikan apresiasi kepada perangkat daerah yang berkinerja baik dalam menindaklanjuti pengawasan sebagai bentuk penghargaan atas pencapaian yang telah diraihnya," ungkapnya.

Dalam acara ini berlangsung pula Penandatanganan Kesepakatan Peta Pengawasan tahun 2019 antara Inspektorat Provinsi Sulsel dengan Inspektor Kab/Kota se- Sulawesi Selatan.

Adapun sejumlah daerah yang melakukan penandatanganan tersebut adalah Makassar, Pare-Pare, Palopo, Pinrang, Luwu Timur, Luwu Utara, Luwu, Tanah Toraja, Enrekang, Sidrap, Wajo, Bone, Sinjai, Soppeng, Bulukumba, Kepulauan Selayar, Barru, Jeneponto, Takalar, Gowa, Maros, Pangkep, Bantaeng, Toraja Utara.

Sementara itu, sejumlah Perangkat Daerah yang menerima penghargaan adalah Kepala Biro Organisasi dan Tata Laksana Setda Provinsi Sulawesi Selatan, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Sulsel, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Sulsel, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Sulsel, Kepala Badan Pengembangan Sumberdaya Manusia Sulsel, Kepala RSKD Sulsel, Kepala RSKD Gigi dan Mulut Sulsel, Kepala RSKD Ibu dan Anak Pertiwi Sulsel, Kepala UTD Sulsel, Kepala Dinas Koperasi UKM Sulsel, Kepala Dinas Sosial Sulsel, Kepala Biro Kesra Sulsel.

Untuk Kabupaten/Kota, penghargaan diberikan kepada Wakil Bupati Bulukumba, Wakil Bupati Enrekang, Wakil Bupati Wajo, Wakil Bupati Barru, Wakil Bupati Sidrap, Wakil Bupati Bone.

Mewakili Gubernur Sulawesi Selatan, Asisten Pemerintahan Setda Provinsi Sulawesi Selatan, Salim Abdul Rahim dalam sambutannya menyampaikan bahwa semoga aparatur sipil berkinerja baik dan kegiatan ini merupakan agenda sangat penting karena merupakan refleksi terhadap pengawasan pembangunan dan menjadi bahan masukan terhadap isu pengawasan kedepannya.

"Kinerja yang baik tercermin dari adanya akuntabilitas dan pengawasan, setiap kekurangan dapat dideteksi dengan jelas dan terinci. Sehingga dapat dijadikan bahan evaluasi untuk perbaikan kinerja di masa yang akan datang. Dan untuk pengawasan yang terarah dan terkoordinasi, perlu adanya pengawasan terhadap aparat pemerintah dengan pemerintah Kepolisian dan Kejaksaan, khususnya terkait pengaduan masyarakat," kata Salim.

Selain itu, ia juga berharap, mengelola Pemerintahan yang baik akan berjalan dengan baik jika bersinergi dengan lembaga lainnya yang dapat mengawal kegiatan secara langsung dan proporsional serta berintegritas.

"Jadi, mengelola Pemerintahan yang baik akan berjalan dengan baik jika bersinergi dengan lembaga lainnya yang dapat mengawal kegiatan secara langsung dan proporsional serta berintegritas," harap Salim Abdul Rahim. (*)