Jelang HJB Ke-689, Pemkab Bone Gelar Pra Mattompang

BONEPOS.COM, BONE - Pemerintah Kabupaten Bone, melaksanakan Pra Mattompang Arajang di Museum Arajangnge, Kompleks Rujab Bupati Bone, Jl Petta Ponggawae, Kecamatan Tanete Riattang, Watampone, Kamis, 4 April 2019.

Mattompang adalah ritual pencucian benda-benda pusaka warisan peninggalan kerajaan Bone.

Seluruh benda-benda peninggalan Raja Bone Arung Palakka itu dikeluarkan lalu kemudian dibersihkan.

Ritual itu dipimpin langsung oleh Bupati Bone Dr H Andi Fahsar M.Padjalangi.

"Kegiatan ini bukan hanya sekedar suatu prosesi rutinitas tapi kita berharap bisa mengenal sejarah perjuangan para leluhur raja-raja kita terdahulu, sehingga kita bisa menikmati apa yang ada sekarang ini," ungkap A Fahsar

"Diusia ke-689 ini kita berharap kedepan Bone semakin gemerlap, semakin gemilang dan semakin bagus, sebagaimana visi Bone yaitu "mabessa" mandiri, berdaya saing dan sejahtera, ujarnya.

Sementara itu Ketua Lembaga Adat Andi Baso Hamid menjelaskan, kegiatan ini dilaksanakan dari proses kebudayaan dahulu yang dilestarikan sampai saat ini.

"Mattompang Ini sebagai bentuk kegiatan melestarikan budaya Bone, yang sekarang dilakukan bukan lagi ritual mistis seperti dulu, tapi sebagai proses pelestarian kebudayaan kita," tuturnya.

Adapun pusaka Raja Bone Arung Palakka, yang dibersihkan diantaranya Kalewang Latea Riduni (Badik), Lamakkawa (Keris) dan La Salaga (Tombak) serta Salempang Pulaweng (Kalung emas).

Prosesi adat itu turut disaksikan Wakil Bupati Bone H Ambo Dalle bersama Istri, Kasrem 141/Tp Letkol Inf Bobbie Triyantho, Dandim 1407 Bone Letkol Inf Mustamin, Kajari Bone Hj Nurni Farahyanti, Danyon C Pelopor Brimob Bone Kompol Nur Ichsan serta Pemangku Adat Bone Drs.H.A.Youshand Tenritappu serta para tamu undangan lainnya.