Dianggarkan Rp5,6 M, Adnan Resmikan Langsung Pasar Tamaona

BONEPOS.COM, GOWA - Pada kunjungan kerja (Kunker) perdana Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan bersama Wakil Bupati Gowa, Abd Rauf Malaganni dan rombongan SKPD, pihaknya meresmikan pasar rakyat, Tamaona yang berada di Kecamatan Tombolopao.

Peresmian ini ditandai dengan penandatanganan prasasti dan pengguntingan pita oleh Bupati Adnan di dampingi Wakil Bupati Gowa, serta disaksikan langsung ratusan warga dan para pedagang pasar tersebut.

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Dispedastri) Gowa, Andi Sura Suaib mengatakan bahwa Pasar Tamaona adalah salah satu pasar yang telah direvitalisasi oleh pemerintah daerah. Hal ini sebagai upaya mewujudkan pasar yang bersih, tertib dan nyaman bagi pedagang maupun pembeli.

"Pasar Tamaona dibangun dengan anggaran sekitar Rp5,6 miliar yang di dalamnya terdapat 210 losd dan 20 kios," katanya dalam laporannya, Jumat (5/4).

Menurutnya, pembangunan Pasar Tamaona menjadi salah satu priotitas dengan melihat kebutuhan masyarakat termasuk jumlah pedagang yang cukup besar.

"Olehnya itu saya berharap agar pedagang dan seluruh masyarakat dapat menjaga, merawat, serta memelihara pasar yang telah dibangun ini agar tetap terawat dengan baik," harapnya.

Sementara Bupati Adnan mengatakan bahwa tahun ini Pemkab Gowa telah menetapkan pada 2019 sebagai tahun infrastruktur fisik. Sehingga di mana-mana akan dilakukan pembangunan-pembangunan fisik di wilayah Gowa.

"Berbagai fasilitas umum akan kita bangun, akan kita direnovasi dan akan kita kerjakan," katanya.

Adapun pembangunan infrastruktur fisik yang saat ini telah dikerjakan Pemkab Gowa yaitu Lapangan Syekh Yusuf dan Ruang Terbuka Hijau (RTH) yang saat ini telah memasuki tahap rampung, kemudian revitalisasi Balla Lompoa dan Istana Tamalate serta renovasi Stadion Kalegowa. Termasuk pembangunan Pasar Rakyat di Bontorea.

Tak hanya itu, Pemkab Gowa juga akan membangunan pedestrian di Kota Sungguminasa mulai dari Jalan Sultan Hasanuddin, Mallombassang hingga Masjid Raya dan Tumanurung.

"Pedestrian ini akan ramah bagi peyandang disabilitas, anak dan masyarakat. Pedestrian ini akan dibuat dengan penuh konsep sehingga ketika masyarakat berfoto, maka orang akan langsung tahu bahwa itu adanya di Kabupaten Gowa," tambah orang nomor satu di Gowa ini.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Adnan juga melakukan sejumlah penyerahan, yakni penyerahan BPJS Ketenagakerjaan, penyerahan SK Guru Non PNS, penyerahan piagam penghargaan, serta penyerahan bantuan alat pertanian.

Penulis: Ahmad Rusli