Kebakaran Dahsyat di Korsel, Ribuan Penduduk Dievakuasi

Kebakaran hutan

BONEPOS.COM, Kebakaran hutan yang dahsyat terjadi di wilayah pegunungan tempat Olimpiade Musim Dingin 2018 di Korea Selatan (Korsel). Kebakaran menyebabkan sedikitnya 120 rumah hangus dan dua orang tewas.

Kebakaran diduga bermula pada Kamis, 4 April 2019, malam, akibat percikan transformator di dekat sebuah resor di Goseong, provinsi Gangwon. sekitar 210 kilometer (130 mil) timur laut Seoul. Kemudian menyebar ke pegunungan di dekatnya," menurut Kapten di Markas Pemadam Kebakaran Gangwon, Choi Jin-ho, seperti dikutip dari Associated Press, Jumat  5 April 2019.

Choi mengatakan hampir 2.400 orang di Goseong dan sekitar 1.250 di Sokcho telah dievakuasi. Dia melaporkan seorang warga tewas terbakar, sementara yang lainnya tertimpa benda jatuh. Foto-foto kantor berita Korea Selatan menunjukkan nyala api yang tinggi dari hutan yang luas. Langitnya memperlihatkan asap hitam pekat yang berbahaya.

"Sekitar 2,5 kilometer persegi hutan terbakar," kata Kementerian Dalam Negeri dan Keamanan Korsel dalam pernyataan tertulis mereka, dilansir dari CBC, Jumat 5 April 2019.

Sekitar 20 helikopter pemadam kebakaran dan 5.600 personel pemadam kebakaran dikerahkan ke lokasi kejadian. Pemadam kebakaran mengklaim sebagian besar api berhasil dipadamkan.

Kementerian mengatakan kobaran api juga menyebar ke arah Ganeung dan Donghae. Seorang pejabat Gangwon mengatakan setidaknya 11 orang dirawat karena cedera.

Presiden Korsel Moon Jae-in telah menggelar pertemuan darurat. Dia menyerukan untuk mengerahkan seluruh sumber daya yang tersedia untuk memadamkan api.

Moon menginstruksikan pejabat untuk secara agresif mengevakuasi penduduk dari daerah. Dia juga memerintahkan untuk berkonsultasi dengan Korea Utara untuk berjaga-jaga agar api tidak menyebar ke perbatasan.

Sementara itu, Choi mengatakan sekitar 800 petugas pemadam kebakaran bertugas memadamkan api semalaman. Namun mereka mengalami kendala karena angin yang mencegah penggunaan helikopter.

Di Provinsi Gangwon, terdapat wilayah Pyeongchang, kota yang menjadi tuan rumah Olimpiade Musim Dingin lebih dari setahun yang lalu. Di tempat ini, pertama kalinya tim dari Korut dan Korsel bersatu untuk pertandingan sejak Perang Korea 1951-1953.