Bone-Buton Napak Tilas Raja Arung Palakka di Goa Janji Cempalagi

BONEPOS.COM, BONE - Dalam rangka menyambut Hari Jadi Ke-689 Bone 2019, Pemerintah Kabupaten Bone Sulawesi Selatan bersama Pemerintah Kota Baubau Sulawesi Tenggara menggelar Menapak Tilas Arung Palakka, di desa mallari kecamatan Awangpone Jumat 5 April 2019.

Napak tilas untuk yang digelar kedua kalinya ini untuk mengenang jejak perjalanan Raja Bone Ke-15 La Tenritatta Arung Palakka menuju Buton Sulawesi Tenggara.

Lokasi napak tilas di Kawasan Wisata Bukit Cempalagi, Desa Mallari, Kecamatan Awangpone, Kabupaten Bone.

Bupati Bone Dr.H.A Fahsar M. Padjalangi, M.Si. mengatakan Napak Tilas inidigelar untuk mengenang perjuangan Arung Palakka menuju Buton, di mana Arung Palakka berjanji akan kembali membebaskan Tanah Bugis dari penjajahan saat itu,Raja yang mempunyai komitmen besar dengan memperjuangkan rakyatnya"
kata Bupati Bone.

“Di Cempalagi inilah menjadi bukti sejarah hubungan Bone-Buton yang terjadi pada tahun 1660. Kedua daerah ini memiliki kekerabatan yang kental, sehingga ada ungkapan mengatakan ” Buton adalah Bone rilau, dan Bone adalah Buton riaja”. Ungkap Bupati Bone.

Sementara itu, Sekda Kota Baubau mengatakan, momentum napak tilas adalah wujud mengikat dan menjaga tali silaturahmi atau persaudaraan dalam keberagaman budaya di Indonesia.

“Ini untuk mengenang hubungan erat Kerajaan Bone dan Kesultanan Buton masa lalu” ungkapnya.

Ia pun membalas ungkapan Bupati Bone “Kami borkomitmen orang Bone yang ada di Buton maka jadilah orang Buton begitu pula orang Buton di Bone maka jadilah orang Bone,” ucapnya.

Acara turut dihadiri pula Wakil Bupati Bone, Ketua DPRD Bone, Sekda Bone, Kapolres Bone, Dandim 1407 Bone, Wa Danyon C Pelopor Brimob Bone, serta Dewan Adat Bone, dan Pejabat OPD Pemda Bone