Video Warga di Bone Terima Duit Caleg Jelang Pencoblosan Viral di Medsos

Screen shoot video warga di Bone diduga terima uang dari oknum tim sukses Caleg.

BONEPOS.COM, BONE - Menjelang hari pencoblosan, sebuah video yang memperlihatkan warga sedang menerima uang atau duit diduga dari oknum tim sukses seorang calon anggota legislatif (Caleg) DPRD Kabupaten Bone, beredar luas di media sosial (Medsos). Jumat, 12 April 2019.

Dalam video tersebut memperlihatkan warga tengah menerima beberapa lembar uang pecahan Rp 50 ribu yang dilengkapi dengan atribut kampanye berupa kartu nama Caleg DPRD Kabupaten Bone dari Partai Demokrat Andi Suaedi.

Berdasarkan informasi yang diperoleh Bonepos.com dari Panitia Pengawas Pemilu (Panwascam) setempat, dua video yang masing-masing berdurasi 8 menit lebih itu terjadi di Desa Sanrego, Kecamatan Kahu, Kabupaten Bone.

Komisioner Bawaslu Bone, Alwi yang dikonfirmasi membenarkan hal tersebut. Menurutnya video dugaan money politic yang diduga dilakukan tim sukses Caleg itu tengah dalam penyelidikan pihak Panwascam Kahu.

"Sementara ditelusuri oleh pihak Panwascam. Menurut informasi yang kami dapatkan kejadiannya di Desa Sanrego dan itu diatas gunung," kata Alwi, Jumat siang.

Terpisah, Caleg Demokrat Andi Suaedi yang dikonfirmasi, dengan tegas membantah hal tersebut. Dia pun meminta kepada warga agar di Bone agar tidak percaya dengan video dugaan money politik yang beredar itu,

Menurutnya lagi, video tersebut diduga sengaja diedarkan oleh knum-oknum yang tidak bertanggung jawab yang hendak menjatuhkan dirinya agar tidak terpilih lagi di Pileg 2019 ini.

"Sekali lagi saya tegaskan itu tidak benar. Dan tidak ada nama tim saya seperti disebutkan dalam video. Jangan percaya video tersebut. Ini ada yang berupaya menjatuhkan saya." tegas Caleg Petahana ini kepada Bonepos.com, baru saja.

Andi Suaedi menjelaskan bahwa politik uang sangat jauh dari kebiasaannya selama berkampanye di masyarakat, karena Dia sangat membenci yang namanya politik uang, apalagi harus membeli suara dari masyarakat dengan uang.

Penulis:Iwan Taruna