Benahi Drainase, Pemkab Sinjai Kerahkan Damkar dan Alat Berat

BONEPOS.COM, SINJAI - Setelah Bupati Sinjai melakukan peninjauan dibeberapa titik rawan banjir di wilayah kota Kabupaten Sinjai pada hari sabtu kemarin, akhirnya Bupati Sinjai melakukan rapat internal dan menugaskan Kepala Kesbangpol Sinjai yang juga sebagai Plt.Camat Sinjai Utara, Andi Jefriyanto Asapa bersama instansi terkait untuk melakukan langkah-langkah dan upaya penanganan permasahan banjir di wilayah kota Kabupaten Sinjai.

Kebijakan Bupati tersebut ditindaklanjuti oleh Andi Jefriyanto Asapa, bersama Instansi terkait, dalam hal ini Dinas Kehutanan Lingkungan Hidup Kabupaten Sinjai, Dinas Satpol PP dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Sinjai, Serta Dinas PUPR sejak kemarin sampai hari ini, Minggu 21 April 2019.

Sejumlah armada pemadam kebakaran bersama petugas pemadam diterjunkan langsung kebeberapa titik untuk melakukan penyemprotan sampah yang tersumbat dibeberapa drainase, seperti yang terjadi di jalan Bulu Lohe.

Kepala Kesbangpol Sinjai, Andi Jefriyanto Asapa mengatakan bahwa sejak kemarin sore hingga hari ini, ia telah mengerahkan sejumlah petugas kebersihan dan petugas pemadam kebakaran, untuk melakukan kerja bakti.

"Hari ini kita bersihkan sampah yang ada pada drainase, khusunya di jalan Bulu Lohe, jalan Gunung Lampobattang, jalan Yahya Mattang, dan hari ini juga akan dilakukan pengerukan disungai yang ada di Tekolampe, kita sudah siapkan alat berat untuk pengerukan," jelas Jefriyanto.

Selain itu, ia juga mengungkapkan kalau sejak kemarin sore pihaknya relah berkoordinasi dengan Dinas lingkungan Hidup, Dinas Satpol PP dan Damkar, Dinas PUPR, guna menanggulangi banjir serta genangan air yang terdampak dibeberapa ruas jalan yang ada di dalam kota Sinjai.

"Persoalan yang kita hadapi adalah
drainase yang ada selama ini elevasinya tidak jelas, sehingga muara air yang kita harapkan mengalir pada drainase induk tidak mengalir sesuai yang kita harapkan," ungkap Jefriyanto Asapa.

Selain itu, Jefriyanto menyampaijan kepada pihak Dinas PUPR agar segera meninjau dan melihat kembali drainase-drainase yang ada dalam kota Sinjai. Khusus untuk muara-muara tempat pembuangan air, sangatlah perlu mendapat perhatian serius, agar air dapat mengalir dengan baik.

Ia juga mengajak kepada masyarakat Sinjai untuk ikut terlibat dalam menjaga kebersihan lingkungan, dengan tidak membuang sampah disembarang tempat. Dan dari hasil temuan permasalahan yang ada dilapangan tersebut, akan dilaporkannya kepada bapak Bupati Sinjai untuk melakukan rapat koordinasi sebagai langkah tindak lanjut penyelesaian permasalahan.

"Saya mengajak kepada seluruh masyarakat Sinjai untuk ikut terlibat dalam menjaga kebersihan lingkungan, dengan tidak membuang sampah disembarang tempat. Selain itu, pihak PUPR agar melihat dan meninjau kembali drainase-drainase yang ada dalam kota ini, khususnya muara-muara tempat pembuangan air perlu diperhatikan betul, sehingga air dapat mengalir dengan baik," harap Andi Jefriyanto Asapa. (*)