Rapat Internal, Bupati Sinjai Bahas Masalah Banjir

BONEPOS.COM, SINJAI - Setelah melakukan peninjauan dibeberapa titik lokasi yang terdampak banjir, Bupati Sinjai, Andi Seto Gadhista Asapa, langsung melakukan rapat internal dengan beberapa instansi terkait.

Rapat internal dirumah jabatan Bupati tersebut, dihadiri langsung oleh Plt. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sinjai, Budiaman, Kadis Kehutanan dan Lingkungan Hidup Kabupaten Sinjai Arifuddin, Plt.Camat Sinjai Utara, Andi Jefriyanto Asapa, serta perwakilan dari Dinas PU Sinjai, Andi Syarif.

Dalam pertemuan tersebut Bupati menunjuk Plt.Camat Sinjai Utara menjadi ketua dalam proses penanganan penanggulangan banjir, dan memerintahkan kepada Andi Jefriyanto serta instansi terkait agar segera mengambil langkah cepat untuk pembersihan dibeberapa titik yang sering menjadi langganan banjir.

Diberitakan sebelumnya, Bupati Sinjai Andi Seto Gadhista Asapa mengunjungi beberapa lokasi yang terdampak banjir, di wilayah perkotaan Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan.

Sejumlah wilayah terdampak banjir yang ditinjau oleh Bupati Sinjai, diantaranya adalah Jalan Tondong, Jalan Jenderal Sudirman, Jalan Persatuan Raya, Tekolampe, dan Saluran air menuju muara Sungai Tui.

Sebagaimana diketahui, lokasi yang terdampak banjir tersebut sudah merupakan langganan banjir saat memasuki musim penghujan.

Dalam tinjauan Bupati Sinjai, Andi Seto mengungkapkan, bahwa wilayah Sinjai sudah memasuki musim hujan, sehingga ia menghimbau kepada masyarakat untuk lebih waspada.

Ia juga menyebutkan bila faktor penyebab luapan air diruas jalan serta beberapa permukiman penduduk yang tergenang air, salah satunya adalah akibat saluran Drainase di wilayah perkotaan banyak yang buntu.

"Wilayah Sinjai saat ini sudah memasuki musim hujan. Tadi malam curah hujan sangat tinggi kurang lebih dari enam jam. Untuk itu saya menghimbau kepada seluruh masyarakat Sinjai agar tetap lebih waspada. Adapun faktor penyebab luapan air diruas jalan serta kepermukiman penduduk, salah satunya adalah akibat saluran Drainase di wilayah perkotaan banyak yang buntu," kata Andi Seto kepada bonepos.com, Kamis 20 April 2019.

Bupati juga sempat mengungkapkan bahwa Pemerintah Daerah Kabupaten Sinjai dapat memastikan kalau saluran-saluran air yang ada di Sinjai akan dibenahi hingga air bisa mengalir tanpa ada sumbatan-sumbatan yang bisa menyebabkan banjir serta genangan air kepermukiman warga.

"Pemerintah Daerah tentu akan berupaya memberi yang terbaik untuk masyarakat Sinjai.
Sekarang ini kita bisa pastikan bagaimana membuat saluran-saluran air yang ada di Kabupaten Sinjai ini berjalan tanpa ada sumbatan-sumbatan yang bisa menyebabkan banjir serta genangan-genangan air kepermukiman penduduk," ungkap Andi Seto.

Turut mendampingi Bupati Sinjai Andi Seto Gadhista Asapa, saat meninjau beberapa titik lokasi banjir di Sinjai, Ketua DPRD Kabupaten Sinjai, Abd. Haris Umar, Kapolres Sinjai AKBP Sepbril Sesa, Komandan Kodim 1424 Sinjai Letkol Inf Oo Sahrojat, Kepala BPBD Sinjai Budiaman, dan Kadis Lingkungan Hidup, Arifuddin.