Pantau UNBK, Bupati Bone dan Wakilnya Datang Terpisah

BONEPOS.COM, BONE - Bupati Bone H. A. Fahsar M.Padjalangi dan Wakil Bupati H Ambo Dalle memantau pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di MTsN 1 Bone dan UPT SMP Negeri 3 Watampone, Senin, 22 April 2019.

Keduanya tidak datang bersamaan, Ambo Dalle datang lebih dulu didampingi Kepala Bidang SMP Dinas Pendidikan Muh. Ramli dan Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kantor Kemenag Bone H. Kasmaruddin.

Dia memantau ruangan komputer tempat siswa melaksanakan UNBK, lalu meninggalkan lokasi ujian menuju ke sekolah lainnya.

Sesaat setelah Ambo Dalle meninggalkan lokasi, A. Fahsar datang dengan didampingi oleh Plt Kepala Dinas Pendidikan Hj. A. Syamsiar Halid dan Sekda Bone A. Surya Darma.

Ditanya perihal dirinya tidak datang bersama bupati, Ambo Dalle menjawab dengan singkat.

"Kita tidak bersamaan karena bupati juga mendatangi sekolah lainnya supaya lebih banyak sekolah yang kita kunjungi," ujar Ambo Dalle.

Sehubungan dengan pelaksanaan Ujian Nasional ini menurut Wakil Bupati Bone orientasinya adalah mengukur integritas anak.

"Untuk apa nilainya tinggi kalau dia curang, jadi sekarang dibutuhkan kemandirian anak dalam mengerjakan soal ujian. Selain itu Kurikulum kita kedepan adalah membentuk anak berkarakter oleh karena itu anak harus punya integritas dan kejujuran," jelas Ambo Dalle.

Dia berharap, pelaksanaan UN tingkat SMP sederajat di Bone bisa berjalan lancar tanpa kendala apapun.

Terpisah Bupati Bone memantau sejumlah sekolah diantaranya SMPN 6 Watampone, MTsN 1 Bone, UPT SMPN 3 Watampone, kompleks UPT SDN 11 Watampone, UPT SDN 1 Watampone dan UPT SD Inpres 12/79 Watampone.

Sedangkan Wakil Bupati Bone memantau di MTsN 1 Bone, SMPN 1 Watampone, UPT SMPN 3 Watampone, UPT SMPN 7 Watampone, UPT SMPN 2 Barebbo, UPT SMPN 1 Barebbo, UPT SMPN 4 Barebbo dan SMPN 1 Palakka.

Adapun jumlah sekolah peserta UN SMP 123, MTs 89 sedangkan jumlah lokasi titik pelaksanaan UNBK 138 lokasi.

Tahun ini jumlah peserta UNBK SMP sebanyak 8.892 dan MTs 3.930.