Hari Kedua UN, Wabup Pantau Pelaksanaan Ujian di SD dan SMP

BONEPOS.COM, BULUKUMBA - Ujian Nasional (UN) untuk Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) memasuki hari kedua setelah dimulai Senin kemarin. Pada hari kedua ini Wakil Bupati Tomy Satria Yulianto melakukan pemantauan di sejumlah sekolah, yaitu SD Negeri 2 Bulukumba, SMP Negeri Bulukumba, dan SMP Negeri 7 Bulukumba, Selasa 23 April 2019.

Di SD Negeri 2, siswa mengikuti ujian mata pelajaran Matematika, yang berlangsung dari pukul 08.00 sampai pukul 10.00. Siswa menjawab soal dengan menggunakan lembar jawaban yang menggunakan pensil komputer (2B). Dalam dua jam tersebut siswa disuguhkan soal matematika sebanyak 35 nomor yang terdiri dari 30 soal pilihan ganda, dan 5 soal uraian.

Menurut Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Akhmad Januaris, pelaksanaan ujian SD/MI rata-rata dibagi dalam 5 rayon setiap kecamatan. Khusus di Kecamatan Ujung Bulu, Disdikbud menunjuk SDN 2, SDN 3, SDN 171, SDN 10, SDN 9 sebagai rayon penyelenggara UN.

"Jadi siswa dari sekolah lain mengikuti ujian di sekolah yang ditunjuk sebagai rayon. Adapun total peserta ujian SD sebanyak 8.145 siswa," ungkap Akhmad Januaris.

Ujian SD hanya berlangsung 3 hari, setiap hari hanya satu mata pelajaran, yaitu Bahasa Indonesia, Matematika dan IPA, sedangkan SMP berlangsung 4 hari dengan mata pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris dan IPA.

Kabid Pembinaan Pendidikan Dasar dan Menengah, Sukwandi Saing menambahkan, untuk pelaksanaan UN tingkat SMP diselenggarakan dalam dua model yaitu Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dan Ujian Nasional Menggunakan Kertas dan Pensil (UNKP)

"Jumlah sekolah, baik negeri maupun swasta yang UNBK sebanyak 28 sedangkan yang UNKP sebanyak 42 sekolah," imbuhnya.

Karena keterbatasan komputer, lanjut Sukwandi, maka sekolah yang menyelenggarakan UNBK membagi pelaksanaan ujian dalam 3 sesi.

Pada saat pemantauan, Wabup mengecek soal-soal ujian tersebut, dan berharap para siswa bisa menjawabnnya dengaj baik.

"Tetap fokus mengerjakan soal-soalnya, apalagi hanya satu pelajaran yang diujiankan setiap harinya," pinta Tomy memberi motivasi.

Penulis:Iwan Taruna