Begini Teori Abraham Samad Soal Upaya Pencegahan Korupsi

BONEPOS.COM, BONE - Mantan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Abraham Samad mengatakan, ada beberapa penyebab korupsi di Indonesia dan cara pencegahannya.

Hal tersebut diungkapkan Abraham Samad saat hadir selaku pemateri di acara Seminar Nasional di Aula STIH Pengayoman Bone, Jl Yos Sudarso Watampone, Jumat, 26 April 2019.

"Penyebab korupsi, ada dua hal yaitu terpaksa karena ekonomi tidak mencukupi dan gaji kecil serta pas-pasan, sehingga ini dinamakan korupsi kecil-kecilan karena terpaksa dan beda halnya dengan korupsi yang dilakukan oleh para oknum pejabat," ungkapnya.

Adapun cara pemberantasan dan pencegahan yang benar menurut Abraham Samad adalah perpaduan pencegahan dan penindakan.

"Jadi pemberantasan korupsi yang benar itu adalah penindakan yang representatif dan pencegahan. Setelah dengan penindakan maka kemudian dilakukan perbaikan sistem tata kelola. Begitulah bentuk pencegahan korupsi yang benar dan tentunya perlu implementasi dan integritas seseorang atau kelembagaan," jelas mantan Ketua KPK periode 2011-2015 itu.

Selain Abraham Samad, hadir pula Wakil Bupati Bone H Ambo Dalle, Kasat Reskrim Polres Bone Iptu Fahrun, Ketua pusat dan penasehat Institut Hukum Indonesia Sultani dan Direktur Pascasarjana STIH Pengayoman Bone Dr HM Yasin juga tampil sebagai pemateri.

Selain kegiatan Seminar Nasional tersebut juga dirangkaikan pula dengan pengukuhan pengurus baru Institut Hukum Indonesia (IHI) Cabang Bone.

Acara yang bertema, "Upaya Pembinaan dan Pencegahan Penyalahgunaan Kewenangan Aparat Penyelenggara Pemerintah dalam Mewujudkan Pemerintahan yang Bersih, Bebas Korupsi dan Nepotisme itu diprakarasi oleh IHI bekerjasama dengan Program Pascasarjana (S2) STIH Pengayoman.