HUT KKS ke-42, Dubes KBRI Mesir Harap Regenerasi Pembesar Indonesia

BONEPOS.COM, MESIR -  Kerukunan Keluarga Sulawesi telah genap berusia 42 tahun. Organisasi yang berasaskan kekeluargaan ini didirikan pada tanggal 17 April 1977. Dalam tubuh KKS tergabung para mahasiswa yang berasal dari timur Indonesia yang meliputi Pulau Papua, Maluku, dan Sulawesi.

Pada tahun 2019 ini, KKS dipimpin oleh  Muhammad Surya Munir dengan seabrek pikiran visioner menuai banyak ucapan selamat setelah berhasil menutup kegiatan tahunan dengan perayaan hari ulang tahun KKS ke 42 tahun di hadapan khalayak luar. Sekitar kurang-lebih 650 Masisir (mahasiswa Indonesia di Mesir) khalayak Mesir menyesaki aula American Future School di Distrik Delapan, Kota Nasr, Kairo-Mesir.

Turut hadir para petinggi Indonesia di Mesir, Drs. Helmy Fauzy sebagai Duta Besar RI di Mesir didampingi Dr. Usman Syihab, M.A., sebagai Atase Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia beserta para pejabat lainnya.

Dalam sambutannya, Dubes Indonesia untuk Mesir berharap selalu ada semangat dari para anggota KKS untuk mengikuti jejak para senior yang menjadi pembesar di Indonesia dan dunia, beliau menyebutkan beberapa tokoh sebagai sampel di antaranya Prof. Dr. AG. H. Muhammad Quraish Shihab, M.A.  yang termasuk dalam majelis hukama’  dipimpin langsung Grand Syekh al-Azhar. dan juga menyebutkan nama Syekh Yusuf al-Makassary yang menyebarkan Islam sampai ke Afrika Selatan sebagai orang timur Indonesia yang mendunia.

Faruq Ibnu Omar Alamry sebagai ketua panitia HUT KKS ke 42 berharap agar acara ini bisa diadakan setiap tahunnya, dan dapat membangkitkan semangat seluruh warga KKS untuk selalu berkontribusi demi masa depan KKS yang lebih baik.

"Semoga acara ini bisa menjadi momentum kebanggan kita sebagai orang timur dalam mengenalkan ratusan bahkan ribuan budaya yang kita miliki kepada dunia" harapnya.

Dalam rentetan acara, ditampilkan rampak beduk yang dikolaborasikan dengan gendang dua khas Sulawesi Selatan, drama Balada Anak Timur, tarian daerah Butta Kalasukangku, dan lagu-lagu daerah Indonesia Timur.

HUT KKS 42 diadakan pula beberapa kompetisi tingkat Kekeluargaan di Mesir, dan diumumkan di acara Pentas Anak Timur. Lomba voli, kaligrafi, MHQ (musabaqah hifdzil qur’an), dan MTQ (musabaqah tilwatil qur’an) yang dinilai langsung senior KKS Mukhlis Latasi, Lc. yang menjuarai MTQ Internasional 2019 di Mesir.

(Julfiadi)

Penulis:Julfiadi