Tingkatkan Kualitas PPID, Kominfo Sinjai Gelar Sosialisasi

BONEPOS.COM, SINJAI - Upaya Pemerintah Daerah Kabupaten Sinjai untuk meningkatkan kualitas PPID Pembantu Dalam Pelayanan Informasi Dan Pengelolaan Pengaduan, semakin nyata.

Hal ini terbukti, ketika Wakil Bupati Sinjai telah membuka kegiatan Sosialisasi Pejabat Pengelola Informasi Dan Dokumentasi Serta Pengelolaan Layanan Pengaduan Lapor SP4N yang bertempat di Wisma Sanjaya, Kamis 2 Mei 2019.

Wakil Bupati Sinjai, Hj.Andi Kartini Ottong, dalam sambutannya menyampaikan agar Pelayanan Publik seperti ini harus berjalan maksimal untuk memenuhi hak-hak masyarakat dalam mendapatkan informasi berkualitas yang dibutuhkan.

Menurut Hj.Andi Kartini, bahwa dengan adanya PPID, diharapkan implementasi Undang-undang keterbukaan informasi publik dapat berjalan efektif, cepat, transparan, dan akuntabel.

“Di era digital sekarang ini, tidak ada lagi yang perlu kita tutup-tutupi. Kita semua mengetahui bahwa Kabupaten Sinjai memiliki beberapa layanan online yang dapat memudahkan masyarakat untuk mengakses informasi. Maka dari itu, dalam pelaksanaan pelayanan informasi publik, pejabat PPID diwajibkan untuk menyimpan, mengolah dan menyajikan informasi, baik itu informasi yang bersifat wajib disediakan dan diumumkan secara berkala, informasi yang diumumkan secara serta merta, maupun informasi yang wajib tersedia setiap saat.” jelas Hj.Kartini.

Selain itu, Hj.Andi Kartini juga menegaskan bahwa masyarakat dapat mengetahui informasi yang berkenaan dengan jalannya pemerintahan. Namun, beberapa informasi dapat dikecualikan sebagaimana diatur dalam UU No. 14 tahun 2008 pasal 17 dengan memperhatikan prinsip-prinsip sebagai berikut, ketat, terbatas, dan tidak mutlak.

"Kita ketahui terdapat 5 asas pedoman dalam pelaksanaan pelayanan publik informasi publik, yaitu Transparansi, akuntabilitas, kondisional, partisipatif, dan kesamaan hak. Namun beberapa informasi dapat dikecualikan sebagaimana diatur dalam UU No. 14 tahun 2008 pasal 17 dengan memperhatikan prinsip-prinsip sebagai berikut, ketat, terbatas, dan tidak mutlak," kata Hj.Andi Kartini.

Kepala Dinas Komunikasi, Informasi, Dan Persandian, Drs. Firdaus melaporkan bahwa Sosialisasi yang mengangkat tema “Meningkatkan Kualitas PPID Pembantu Dalam Pelayanan Informasi Dan Pengelolaan Pengaduan Lapor SP4N” ini bertujuan untuk memudahkan masyarakat mengirim pesan ataupun pengaduan kepada Pemerintah Daerah serta menampung seluruh aspirasi masyarakat guna mengevaluasi kebijakan pemerintahan.

"Sosialisasi yang bertema Meningkatkan Kualitas PPID Pembantu Dalam Pelayanan Informasi Dan Pengelolaan Pengaduan Lapor SP4N ini bertujuan untuk memudahkan masyarakat mengirim pesan ataupun pengaduan kepada Pemerintah Daerah serta menampung seluruh aspirasi masyarakat guna mengevaluasi kebijakan pemerintahan," kata H.Firdaus.

Diketahui, dalam acara Sosialisasi ini, turut hadir sebagai pemateri/narasumber yaitu, Kepala Dinas Komunikasi, Informasi Dan Persandian Provinsi Sulawesi Selatan, Ir. H. Andi Hasdullah, dan Fadiah dari Biro Organisasi Dan Tata Laksana Provinsi Sulawesi Selatan, dan dihadiri oleh Para kepala OPD lingkup Pemerintah Kabupaten Sinjai, Para Kepala Bagian, serta Para Camat. (*)