Jelang Ramadhan, Satgas Pangan Polres Bone Sidak Harga di Pasar Palakka

BONEPOS.COM, BONE - Dalam memasuki bulan suci Ramadan 1440 Hijriyah, Satuan Tugas (Satgas) Pangan Polres Bone melakukan Operasi Pasar di Pasar Sentral Palakka, Jl. MT Haryono, Kecamatan Tanete Riattang Barat, Kabupaten Bone, Jum'at, 3 Mei 2019, Sore tadi.

Satgas Polres Bone yang dipimpin Kepala Unit Ekonomi Sat Reskrim Bone Polres Bone IPDA Dodie Ramaputra, SH,MH mendatangi sejumlah pedagang.

Saat memimpin Operasi Pasar tersebut IPDA Dodie menuturkan kegiatan tersebut dalam rangka operasi kestabilan harga jelang Ramadan.

"Menjelang bulan Ramadan, tentunya dengan kegiatan ini kita berusaha menekan harga dan ini perhatian khusus Satgas Pangan untuk berkodinasi dengan pihak terkait bagaimana mengantisipasi kenaikan harga itu," kata Dodie.

Dalam Operasi Pasar yang digelar tersebut, telah mendapati komoditi ada kenaikan harga seperti bawang putih. "Faktor kenaikan harga karena selain jelang Ramadan, stok bawang putih memang sangat kurang di Bone sehingga harus dipasok dari Kabupaten Enrekang dan Gowa," jelasnya.

Adapun komiditi lainnya kata Dodi belum ada kenaikan harga dan masih dalam tahap wajar.

Sementara itu salah satu pedagang campuran H Muhammad Rusdi ditemui Bonepos.com mengatakan, kenaikan harga seperti telur sudah naik sejak seminggu yang lalu. "Faktor kenaikan harga ini disebabkan karena biaya pakan naik maka naik juga harganya," ungkap Muh Rusdi.

Dari pantauan Satgas mendapati kenaikan harga telur ayam ras per rak dari harga Rp 33.000 naik menjadi Rp 42.000 sedangkan untuk harga telur itik per rak dari harga Rp 50.000 naik menjadi Rp 70.000 bahkan sekarang telah mencapai Rp 75.000 per rak.