Jelang Ramadhan, Harga Kebutuhan Pokok Merangkak Naik

BONEPOS.COM, BONE - Menjelang bulan suci Ramadhan, harga sejumlah bahan kebutuhan pokok rumah tangga mulai mengalami kenaikan. Kenaikan harga didominasi oleh daging dan telur.

Samir seorang pedagang daging sapi mengatakan, kenaikan harga terjadi dalam beberapa hari menjelang Ramadhan. "Harga daging dari Rp 110 ribu naik menjadi Rp 120 ribu per kilo. Kenaikan harga daging sapi terjadi karena harga sapi juga naik," ungkapnya.

Senada diungkapkan Muh Akbar seorang pedagang ayam di Pasar Palakka ketika dihubungi Bonepos.com Minggu, 5 Mei 2019 mengatakan, harga daging yang naik itu termasuk daging ayam.

"Untuk ayam petelur naik dari Rp 40 ribu manjadi Rp 55 ribu perekor, ayam potong dari Rp 50 ribu menjadi Rp 60 ribu perekot, ayam kampung dari Rp 50 ribu sekarang Rp 75 ribu hingga Rp 100 ribu perekor," tuturnya.

Sementara Ramlah pedagang kaki lima mengatakan, kenaikan harga juga terjadi di beberapa kebutuhan dapur seperti bawang putih, cabe, kentang dan gula pasir.

“Bawang putih naik, sekarang saya jual Rp 45 ribu per kilo, ini baru naik dari harga sebelumnya Rp 25 ribu per kilo," jelas Ramlah.

Selain bawang putih, cabe merah menembus harga Rp 30 ribu per kilo dari sebelumnya Rp 17 ribu, sama halnya kentang Rp 15 ribu per kilo dari harga Rp 12 ribu dan gula pasir dari Rp 11 ribu naik Rp 12 ribu per kilo.

Sementara harga seperti beras, minyak, terigu, dan garam masih terpantau stabil tidak ada kenaikan harga.

Penulis: Sugianto Warium