Ratusan Peserta PKBM di Bone Mangkir UNBK Paket B

BONEPOS.COM, BONE - Pelaksanaan Ujian Nasional Berstandar Komputer (UNBK) program Paket B setara SMP yang digelar di Kabupaten Bone tidak sepenuhnya diikuti oleh peserta.

Tercatat hampir 30 persen dari 710 peserta tidak mengikuti UNBK tersebut.
Mereka telah dinyatakan gagal mengikuti ujian nasional dan belum pasti diberi kesempatan untuk ikut ujian susulan.

Kasi Pendidikan Kesetaraan Dinas Pendidikan Kabupaten Bone Azis mengatakan, ketidak hadiran para peserta memang banyak kendalanya.

"Ada berbagai alasan yang menjadi penyebab mereka tidak ikut UNBK disebabkan sakit, karena tidak bisa meninggalkan pekerjaan, dan katanya ada yang tidak diizinkan oleh perusahaan tempatnya bekerja," kata Azis.

Namun kesempatan untuk melakukan ujian tetap bisa diikuti dengan syarat, hanya bagi peserta yang mengalami musibah karena bencana alam dan peserta yang orangtuanya meninggal dunia.

Pelaksanaan UNBK program Paket B dilaksanakan pagi hingga siang hari. UNBK Paket B itu dilaksanakan tiga hari mulai tanggal 10 hingga 12 Mei 2019.

Adapun penyelenggara UNBK Program Paket B tahun pelajaran 2018/2019 ini antaralain, PKBM Al-Mujahidin (Patimpeng), PKBM Mattiro Deceng, PKBM Rashara, PKBM Mawar, PKBM Al-Aziem, PKBM Anugrah, PKBM Nabil Fatwa, PKBM Sehati, PKBM SKB, PKBM Amalia dan PKBM PPS.