Pleno KPU Selesai, Demokrat Geser Nasdem dari Kursi Pimpinan DPRD

BONEPOS.COM, BONE - Rekapitulasi perolehan suara partai politik di Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan telah selesai digelar. Posisi pimpinan di DPRD Kabupaten Bone pun, sudah bisa digambarkan.

Berdasarkan hasil rekapitulasi, ada 12 partai yang bakal mengisi kursi DPRD Bone. Diantaranya, Golkar 9 kursi, Gerindra 5 kursi, Demokrat 5 kursi, PAN 5 kursi, PKS 4 kursi, Nasdem 4 kursi, kemudian PDI-P 3 kursi, PKB 3 kursi, PPP 2 kursi, Hanura 2 kursi, PBB 2 kursi dan Perindo 1 kursi.

Jika mengacu pada hasil rekapitulasi, maka posisi ketua DPRD akan diisi oleh Golkar kemudian untuk poisisi wakil ketua 1, 2 dan 3 akan diisi Gerindra, PAN dan Demokrat.

Lalu, bagaimana analisis jumlah dan penentuan fraksi DPRD Kabupaten Bone periode 2019-2024 ?.

Jika pada Pemilu 2014 lalu, jumlah fraksi di DPRD Bone mencapai 7 (tujuh) fraksi, sedangkan pada Pemilu tahun 2019 ini dipastikan bertambah menjadi 8 (delapan) fraksi.

Seperti yang diketahui, syarat penentuan fraksi sendiri, setiap parpol harus memiliki minimal 4 kursi atau anggota yang duduk di DPRD.

Berikut rinciannya, Golkar 1 fraksi, Gerindra 1 fraksi, Demokrat 1 fraksi, PAN 1 fraksi, PKS 1 fraksi dan Nasdem 1 fraksi.

Adapun 2 fraksi lagi akan diisi oleh gabungan Parpol yang terdiri dari PDIP, PPP, PBB, PKB, Hanura dan Perindo.

Penulis:Andi Ilham