Dinas Ketahanan Pangan Sinjai Panen Perdana dengan Sistem Hidroponik

BONEPOS.COM, SINJAI - Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Sinjai melaksanakan Panen Perdana Tanaman Pak Choy dengan Sistem hidroponik, Senin 20 Mei 2019, bertempat di Halaman Kantor Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Sinjai.

PLt. Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Sinjai, drh. Aminuddin Zainuddin, dalam laporannya mengatakan bahwa pengembangan tanaman pok choy dengan sistem hidroponik merupakan bentuk penganekaragaman konsumsi pangan.

"Kegiatan ini merupakan suatu gerakan awal untuk penanaman sistem hidroponik. Sistem ini mengurangi penggunaan pestisida dan pupuk anorganik, karena semuanya menggunakan pupuk organik," kata Zainuddin.

Wakil Bupati Sinjai, Hj. Andi Kartini, yang membuka panen perdana tersebut secara resmi menyampaikan salut dan apresiasinya atas kegiatan yang diinisiasi oleh Dinas Ketahanan Pangan. Menurutnya hal ini merupakan salah satu upaya pemerintah untuk mendekatkan pasar bagi masyarakat.

"Hal ini bukan hanya mendekatkan pasar tetapi membuka peluang bisnis bagi ibu-ibu. Jika ibu-ibu sudah ahli dalam pengelolaan hidroponik maka akan menjadi potensi bagi peningkatan perekonomian keluarga"

Wakil Bupati juga menyampaikan terima kasih atas kehadiran Ketua TP PKK Kabupaten Sinjai, Hj. Andi Nurhilda Seto, yang menurutnya mampu membangkitkan semangat para kader PKK untuk semakin maju dan berkontribusi dalam pembangunan.

Sementara itu, Hj. Andi Nurhilda Seto mengatakan bahwa inovasi Dinas Ketahanan Pangan sejalan dengan upaya PKK untuk selalu mewujudkan keluarga yang sehat dan sejahtera. Ia berharap kegiatan ini dapat dimanfaatkan oleh kader PKK, bukan hanya untuk membuka peluang usaha rumah tangga, tetapi juga untuk menyediakan pangan sehat dan berkualitas bagi keluarga.

"Inovasi Dinas Ketahanan Pangan sudah sejalan dengan upaya PKK untuk selalu mewujudkan keluarga yang sehat dan sejahtera. Saya berharap kegiatan ini dapat dimanfaatkan oleh kader PKK, bukan hanya untuk membuka peluang usaha rumah tangga, tetapi juga untuk menyediakan pangan sehat dan berkualitas bagi keluarga," ungkap Andi Nurhilda.

Acara panen perdana ini dihadiri oleh perwakilan Forkopimda, kepala Perangkat Daerah, pengurus PKK, serta mahasiswa dari beberapa perguruan tinggi di Sinjai yang juga diharapkan mampu menjadi wirausahawan muda baru di bidang ketahanan pangan. (*)