Tiap Hari Dilalui Truk Tambang, Jembatan Watu Nyaris Jebol

BONEPOS.COM, BONE - Kondisi jembatan besi beralas kayu yang ada di Desa Watu, Kecamatan Cenrana, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan terancam jebol.

Menurut warga sekitar, Ridwan 42 tahun, kerusakan yang terjadi di jembatan tua itu karena jalur tersebut selalu dilalui belasan truk bermuatan pasir bertonase berlebihan.

Kondisi jalan bergelombang dan alas jembatan kayu yang mulai jebol nampak di sepanjang jalur tersebut. Hal itu terjadi karena ratusan truk bermuatan tambang pasir galian C melintas setiap hari.

Kondisi ini mengancam jembatan yang kondisinya mulai lapuk termakan usia itu, padahal jembatan itu menjadi akses utama masuk ke wilayah Cenrana.

"Bagaimana tidak rusak setiap hari dilalui truk pengangkut pasir, padahal jembatan ini sudah tidak layak dilalui truk bertonase besar," ungkap Ridwan kepada Bonepos.com, Kamis, 30 Mei 2019.

Menurut Ridwan, warga berharap, pemerintah daerah segera meninjau dan memperbaiki jalan tersebut agar roda perekonomian di wilayah tersebut bisa berjalan lancar.

"Sebelum memakan korban sebaiknya pemerintah segera memperbaiki jembatan ini, apalagi truk tambang tidak henti hentinya lewat di jembatan ini," harapnya.

Sebelumnya, Dinas PU dan Penataan Ruang Kabupaten Bone telah melakukan perbaikan sementara pada jembatan tersebut, tepatnya pada Desember 2018 lalu. Dimana kayu jembatan yang sudah mulai lapuk diganti dengan kayu yang baru.

Meski demikian perbaikan yang dilakukan dinas terkait ini tidak bisa sepenuhnya mengingat terbatasnya anggaran, sehingga pemerintah rencananya menganggarkan perbaikan total pada jembatan tersebut pada tahun 2019 ini.

Editor:Andi Ilham