Memaknai Hari Kelahiran Pancasila, Ini Kata Mereka

Drs.Akbar Mukmin
Sekertaris Daerah Kabupaten Sinjai

Dengan hari kelahiran Pancasila, berarti kembali mempererat , memperkokoh dan menegakkan  persatuan dan kesatuan bangsa , yang pada bulan Suci Ramadhan ini umat Islam menjalankan Ibadah dengan kondisi aman, damai dan terkendali.

"Demikian pula orang Islam sangat toleran terhadap pemeluk agama lain untuk menjalankan keyakinan dan kepercayaannya sesuai Agama masing-masing. Sehingga, dengan hari lahir Pancasila, juga melahirkan semangat sekali Indonesia tetap Indonesia. Damai bangsaku, kokoh Negaraku, Indonesia maju terus."

Letkol Infanteri Oo Sahrojat
Dandim 1424 Sinjai

'Makna hari lahir Pancasila tentunya bukan hanya semata-mata memperingati hari lahir Pancasila, namun harus dijadikan momentum bagaimana mengaktualisasikan merefresh nilai nilai luhur yang terkandung dalam Pancasila dihayati dan diamalkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara oleh semua warga negara indonesia."

AKBP. Sebpril Sesa
Kapolres Sinjai

Peringatan hari lahir Pancasila ini kita perlu tahu manfaat menjadikan Pancasila sebagai landasan negara. Pancasila merupakan alat pemersatu bangsa yang menjadikan kekuatan bagi Indonesia. Dengan adanya landasan maka sebuah negara akan memiliki pegangan dan tujuan yang jelas.

Seperti yang kita tahu, bahwa isi dari Pancasila yang pertama adalah Ketuhanan Yang Maha Esa. Itu menandakan bahwa rakyat Indonesia berisikan orang-orang yang memiliki iman di dalam hati dan percaya adanya Tuhan semesta alam.

"Sila pertama tersebut membuat kita menyadari bahwa manusia diciptakan untuk mengabdi dan beribadah kepada Tuhan, juga menyadarkan kita untuk saling memahami satu sama lain sebagai sesama makhluk ciptaan Tuhan."

Wakil Ketua I DPRD Sinjai
Jamaluddin

"Masyarakat harus terus menghidupkan dan membumikan serta mengamalkan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Untuk itu, melalui momentum ini, setidaknya ada beberapa hal yang harus diingat dari Pancasila. Pertama, Indonesia adalah bangsa yang besar. Pancasila selama ini menjadi alat pemersatu yang ampuh, sehingga Pancasila perlu dukungan segenap elemen bangsa, agar terus menjadi ideologi pemersatu."