Sinjai Dilanda Bencana, Sejumlah Rumah Warga Rusak Parah

BONEPOS.COM, SINJAI - Bupati Sinjai mengunjungi sejumlah rumah milik warga Sinjai yang terkena bencana angin puting beliung di Lingkungan Talibungi Kelurahan Lappa, Kecamatan Sinjai Utara, Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan, Selasa 4 Juni 2019.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Budiaman mengatakan bahwa kejadian angin puting beliung di lokasi tersebut diperkirakan pada pukul 01.10 Wita, dan menimpa sebanyak 7 unit rumah milik warga Sinjai.

Menurut Budiaman, meski tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, namun terdapat sejumlah rumah milik warga yang telah mengalami kerusakan, baik pada bagian atap maupun pada beberapa bagian dinding.

"Meski tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, tetapi ada tujuh rumah milik warga yang mengalami kerusakan pada bagian atap serta beberapa bagian dinding," kata Budiaman.

Sementara itu, Bupati Sinjai Andi Seto Gadhista Asapa mengatakan bahwa Pemerintah Daerah akan memberikan bantuan kepada korban bencana puting beliung ini.

"Kita meminta kepada masyarakat untuk waspada, karena ini memang puncaknya musim hujan, dan angin puting beliung tidak dapat di prediksi dan bisa datang kapan saja. Sehingga kami tetap mengharapkan kepada warga untuk tetap waspada. Dan Pemerintah Daerah akan memberikan bantuan semaksimal mungkin untuk masyarakat yang terkena bencana angin puting beliung," ungkap Andi Seto.

Bupati juga mengatakan bahwa rumah yang parah, tindak lanjutnya akan diberi bantuan tenda yang masih ingin bertahan untuk tinggal dirumahnya. Meskipun diantara beberapa warga yang terkena angin puting beliung, untuk sementara akan tinggal dirumah keluarganya, Ia minta kepada Camat, Lurah dan Kepala Dinas Sosial untuk segera melakukan pendataan kembali dan memberikan bantuan secepatnya kepada warga, baik berupa tenda maupun berupa makanan, dan bantuan lainnya.

"Kami akan segera memberi bantuan. Dan bagi warga yang meninggalkan rumahnya pasca bencana angin puting beliung, agar mendata barang-barangnya, Insha Allah pemerintah akan menjaga itu, karena disini ada Babinkantipmas, Babinsa yang siap menjaganya. Saya minta kepada Camat, Lurah dan Kepala Dinas Sosial untuk segera melakukan pendataan kembali dan memberikan bantuan secepatnya kepada warga, baik berupa tenda maupun berupa makanan, dan bantuan lainnya," tegas Andi Seto.

Turut mendampingi Bupati, Dandim 1424 Sinjai Letkol Inf. Oo Sahrojat, Sekretaris Daerah Kabupaten Sinjai, Akbar Mukmin, Kadis Sosial Muhlis Isma, Plt. BPBD Sinjai, Budiaman, Plt. Camat Utara, Andi Jefriyanto Asapa, Kabag Humas Setdakab Sinjai, Sabir Syur. (*)

Penulis: Suparman Warium