VIDEO: Detik-detik Jembatan di Bone Hanyut Terseret Banjir

BONEPOS.COM, BONE - Beginilah suasana detik-detik jembatan gantung di Desa Mattiro Deceng, Kecamatan Libureng, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan, hanyut terseret banjir, Minggu, 9 Juni 2019.

Jembatan itu, putus lantaran tidak mampu menahan arus sungai Minrajeng yang volume debit airnya sejak Jumat, 7 Juni 2019 terus meninggat.

Akibatnya, akses warga di tiga Desa yakni Desa Mappesangka, Kecamatan Ponre, Desa Binuang dan Desa Mattiro Deceng, Libureng ikut terputus.

Sejumlah warga di wilayah ini diselimuti kekhawatiran akan banjir yang melanda sungai Minrajeng, berimbas ke permukiman warga.

Camat Ponre H Amirat membenarkan putusnya akses di jembatan yang diresmikan Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman, pada bulan Juli 2016 lalu itu.

"Kondisi terakhir hari ini, Jembatan Gantung Mattirodeceng rusak akibat tingginya debit air sungai," kata Amirat.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, sejak Jumat, 7 Juni 2019 hingga Minggu, 9 Juni 2019 sore, sejumlah wilayah di Kabupaten Bone, diguyur hujan deras serta angin kencang.

Sejumlah wilayah dikabarkan dilanda banjir dan tanah longsor diantaranya, wilayah Kecamatan Sibulue, Mare, Awangpone dan Kecamatan Libereng.

Pihak BPBD Kabupatan Bone, Basarnas dan SAR Brimob Batalyon C siap siaga melakukan evakuasi dan melakukan pemantauan terhadap wilayah-wilayah yang terdampak bencana alam.

Penulis: Amry Amas