Wakili UNM, Mahasiswa Teknik Elektronika FT Ini Siap Berlaga di Kontes Robot Indonesia

BONEPOS.COM, MAKASSAR - Mahasiswa Teknik Elektronika FT mewakili Universitas Negeri Makassar (UNM) dalam Kontes Robot Indonesia (KRI) 2019 Tingkat Nasional yang akan digelar di di Universitas Dian Nuswantoro Semarang, 20-23 Juni 2019 mendatang.

Tim robon UNM ini berasal dari jurusan Pendidikan Teknik Elektronika, Fakultas Teknik yang tergabung dalam Tim Robotron UNM. Kontes yang diikuti ini merupakan kontes robot tahunan yang diselenggarakan oleh Kemenristekdikti.

Pada tahun 2019 ini tim Tim Robotron UNM telah melakukan 6 divisi robot yang dipertandingkan, termasuk divisi Kontes Robot Tematik Indonesia (KRTMI) yang merupakan divisi yang diikuti oleh tim ini.

Salah satu anggota Tim Robotron UNM, Risman mengatakan, robot yang dipertandingan dalam KRI 2019 terbagi dalam 6 divisi robot, salah satunya divisi Kontes Robot Tematik Indonesia (KRTMI) yang merupakan divisi yang diikuti oleh tim Robotron UNM.

"KRTMI merupakan kontes robot yang memperlombakan robot pertanian yang masing-masing nantinya akan di bawah oleh 24 Universitas se-Indonesia yang lolos ke tingkat nasional," Ungkap Risman kepada Bonepos.com, Kamis, 13 Juni 2019.

Risman menjelaskan, nantinya robot buatannya itu akan bertugas untuk menanam padi, mencabut rumput dan memanen padi pada arena yang telah desediakan. Tim UNM sendiri, kata berhasil lolos setelah malalui beberapa tahapan seleksi yang ketat.

"Tim robot UNM ini beranggotakan tiga orang, Saya sendiri bersama dengan Resa Pamilianto dan Ainun Mutmainnah. Dimana sejak bulan Januari kami melakukan persiapan, termasuk merampungkan robot ini," jelasnya.

Risman menyebutkan, kontes robot ini adalah kontes robot paling bergengsi di Indonesia karena, semua Universitas/Perguruan Tinggi mempertunjukkan kemampuan mereka dalam hal pengembangan robotika.

Sementara itu, Sabran selaku pembimbing tim Robotron UNM berharap, robot buatan mahasiswa UNM tersebut berhasil meraih juara dan menjadi yang terbaik di KRI 2019 nanti, sekaligus bisa mengharumkan nama UNM di tingkat Nasional.

"Mereka sangat semangat mengerjakan robot dan berlatih keras selama ini, semoga kali ini mereka mendapatkan hasil yang maksimal. Pihak Universitas juga sangat mengapresiasi dan sangat mendukung tim KRTMI untuk menunjukkan kemampuan mereka nanti di tingkat nasional," Ujarnya.

Penulis:Ahmad Rusli