Orlok Sinjai Berbenah, Verifikasi Data IAR Manual ke Elektronik

BONEPOS.COM, SINJAI - Pengurusan Izin Amatir Radio (IAR) anggota Orari Lokal Sinjai bakal beralih dari penginputan secara manual ke sistem elektronik.

Hal ini telah diungkapkan langsung oleh Kabid Organisasi Orari Lokal Sinjai, Virdaus, (YB8CS), saat menggelar acara arisan Orlok Sinjai di Jalan Gunung Krakatau, Kelurahan Balangnipa, Kecamatan Sinjai Utara, Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan, Minggu 16 Juni 2019.

Menurut Virdaus, bahwa kurang lebih 82 anggota Orari Lokal Sinjai saat ini akan melakukan verifikasi data secara elektronik. Kendati demikian, hingga saat ini pihaknya telah menginput berkisar 12 hingga 14 data anggota Orari di Sinjai.

"Alhamdulillah di acara arisan ini rekan-rekan orari di Sinjai bersama rekan orari di bone selatan telah berkumpul untuk mempererat ikatan silaturahim agar lebih akrab. Dan pada kesempatan ini kami telah memaparkan hasil bimtek yang telah kami ikuti di Orda Sulsel, terkait untuk penginputan data IAR keanggotaan Orari saat ini akan beralih dari cara manual ke sistem elektronik. Dan kami akan mengupayakan semaksimal mungkin agar seluruh anggota Orari Sinjai akan terverifikasi," kata Virdaus.

Selain itu, Virdaus juga tak menampik jika peralihan sistem manual ke sistem elektronik pada verifikasi data IAR, juga memiliki kendala dan permasalahan yang serius.

"Jujur saya katakan bahwa penginputan atau verifikasi data IAR melalui sistem elektronik ini sangat baik dan efisien. Hanya saja kami juga banyak menemukan kendala dan permasalahan dalam sistem tersebut. Patut kami duga bahwa ini karena adanya ketidaksamaan data di Orda dan di Orpus. Sehingga, terdapat Callsign yang sudah dimiliki oleh anggota Orari, tiba-tiba terjadi perubahan," ungkap Virdaus. (*)