Berdampak Positif ke Masyarakat, Ketua DPRD Sinjai Ingin TMMD Lebih Ditingkatkan

BONEPOS.COM, SINJAI - Kegiatan TMMD yang akan dilaksanakan di berbagai wilayah merupakan salah satu bentuk sinergitas antara TNI dan Pemerintah Daerah yang akan memberi dampak positif terhadap masyarakat.

Hal tersebut telah diungkapkan langsung oleh Ketua DPRD Sinjai Abd Haris Umar saat menghadiri acara Paparan Kesiapan TMMD Ke-105 TA 2019 Wilayah Kodam XIV Hasanuddin di Ruang Bina Yudha II Makodam XIV/Hsn, Rabu kemarin 19 Juni 2019.

Menurut Ketua DPRD Abd Haris Umar, bahwa kegiatan tersebut merupakan salah satu bentuk sinergitas antara Pemerintah dengan TNI. Sehingga ia menyarankan agar kegiatan TMMD tersebut lebih ditingkatkan lagi, karena telah memberikan dampak positif untuk masyarakat.

”Dengan melihat sasarannya ini mencapai kualitas yang baik, dan ini merupakan bentuk sinergitas TNI dan Pemerintah Daerah. Kami menyarankan kepada TNI untuk menyampaikan ke petinggi TNI pusat agar kegiatan ini lebih ditingkatkan lagi. Ini sangat memberi dampak positif khususnya bagi masyarakat," kata Abdul Haris.

Acara tersebut juga telah dihadiri langsung oleh Bupati Sinjai Andi Seto Gadhista Asapa, Komandan Kodim 1424 Sinjai, Letkol Inf.Oo Sahrojat, Kepala Dinas Sosial Muhlis Isma, Kepala Dinas PUPR Ishak, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa, Andi Sainal, Sekretaris Badan Pengembangan Daerah, Nasar.

Kasdam XIV Hasanuddin Brigjen Budi Sulistijono dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan tersebut dilaksanakan ke 105 kali sampai ditahun 2019 ini, di tahun sebelumnya TMMD tersebut dilaksanakan hanya 2 kali satu tahun. Tetapi karena banyaknya keinginan dari Pemerintah Daerah untuk menyarankan agar kegiatan ini ditingkatkan maka Pimpinan Pusat memberikan kebijakan untuk dilaksanakan 3 kali satu tahun.

"Tahun sebelumnya pelaksanaan kegiatan TMMD ini hanya dua kali satu tahun. Tetapi banyaknya keinginan dari Pemerintah Daerah untuk menyarankan agar kegiatan ini perlu ditingkatkan, maka pimpinan pusat telah memberi kebijakan untuk kegiatan TMMD ini akan dilaksanakan tiga kali satu tahun. Hal ini membuktikan bahwa kegiatan TMMD memberikan hal positif di masyarakat. Semoga ini menjadi bahan evaluasi kita sehingga kedepan apa yang di harapkan Pemerintah Daerah bisa tercapai," kata Budi Sulistijono.

Sebagaimana diketahui, pada tahun ini diwilayah Kasdam Hasanuddin dilaksanakan di 4 Kabupaten,
diantaranya Kabupaten Sinjai, Kota Makassar, Kabupaten Pinrang, dan Kabupaten Muna Sulawesi Tenggara.

Khusus di Kabupaten Sinjai sasaran TMMD akan dilaksanakan Desa Tompo Bulu Kecamatan Bulupoddo Kabupaten Sinjai, dengan pertimbangan bahwa Desa Tompobulu sangat membutuhkan perbaikan infrastruktur khususnya perbaikan akses jalan.

Kegiatan TMMD rencananya akan dibuka pada tanggal 10 Juli 2019, dengan jumlah personil 150 orang, dengan anggaran kegiatan fisik Rp. 1 Milyar,  bersumber dari dana APBD Kabupaten Sinjai, sementara kegiatan non fisik di koordinasikan dengan instansi terkait. (*)