IHI Siap Kawal Visi Misi Bupati dan Wakil Bupati Sinjai di Sektor SDM

BONEPOS.COM, SINJAI - Institut Hukum Indonesia (IHI) siap mengawal visi misi Bupati dan Wakil Bupati Sinjai di sektor Sumber Daya Manusia (SDM).

Hal tersebut telah diungkapkan langsung oleh Ketua Yayasan Institut Hukum Indonesia Kabupaten Sinjai, Asdar Palewai saat memberi sambutan diacara Sosialisasi Peraturan Daerah (Perda) yang digelar oleh Yayasan Institut Hukum Indonesia (IHI) Biro Sinjai, di Kantor Desa Saotengngah, Kecamatan Sinjai Tengah, Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan, Kamis kemarin 20 Juni 2019.

Asdar menyampaikan bahwa kegiatan tersebut terlaksana atas kerjasama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Sinjai, sebagai peran aktif lembaga dalam mengawal pelaksanaan visi misi Bupati dan wakil bupati sinjai, khususnya dalam sektor pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM).

"Dalam Sosialisasi ini, ada tiga materi Perda yang di sosialisasikan diantaranya, Perda Bantuan Hukum Gratis Bagi warga miskin, Perda Trantib, dan perda Badan Permusyawaratan Desa (BPD)," ungkap Asdar.

Lebih lanjut Asdar juga menyampaikan bahwa maksud dari sosialisasi tersebut adalah untuk memberikan pemahaman kepada perangkat Desa dan BPD sebagai perpanjangan tangan Pemerintah Daerah dalam menyebarluaskan kebijakan-kebijakan strategis yang dikeluarkan Pemerintah Daerah.

"Adapun maksud dari sosialisasi ini adalah untuk memberikan pemahaman kepada perangkat Desa dan BPD sebagai perpanjangan tangan Pemerintah Daerah dalam menyebarluaskan kebijakan-kebijakan strategis yang dikeluarkan Pemerintah Daerah," kata Asdar.

Bupati Sinjai yang diwakili oleh Kepala Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Sinjai, Andi Jefrianto Asapa, yang menghadiri sekaligus membuka acara sosialisasi Peraturan Daerah (Perda) yang digelar oleh Yayasan Institut Hukum Indonesia (IHI) biro Sinjai serta membacakan sambutan Bupati Sinjai, dan mengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan oleh IHI tersebut.

Jefrianto juga menyampaikan terima kasih atas inisiatif tersebut untuk membantu Pemerintah Daerah, dimana Pemda juga telah memiliki keterbasan untuk menjangkau Desa-desa untuk mensosialisasikan kebijakan yang ada.

"Atas nama Pemerintah Daerah mengucapkan terima kasih dan apresiasi atas kegiatan tersebut, semoga kegiatan-kegiatan seperti ini kedepan bisa lebih ditingkatkan dan dioptimalkan," katanya.

Jefrianto juga mengatakan bahwa tidak banyak lembaga yang bisa mengambil peran seperti ini, sehingga ia berharap sinergitas IHI dengan Pemerintah kedepan dapat lebih diperkuat dalam mengawal kebijakan pemerintah kedepan.

"Tidak banyak lembaga yang bisa mengambil peran seperti ini, sehingga saya berharap sinergitas IHI dengan Pemerintah kedepan dapat lebih diperkuat dalam mengawal kebijakan pemerintah kedepan," harap Jefrianto.

Pada kegiatan yang digelar di Aula Kantor Desa Saotengngah, Kecamatan Sinjai Tengah tersebut, turut dihadiri Perwakilan dari Kabag Hukum Dan Ham Setdakab Sinjai, (Narasumber) yang mewakili Kadis Pol PP dan Damkar Sinjai, (Narasumber), perwakilan dari Dinas PMD Sinjai (narasumber), Camat Sinjai Tengah dan Sinjai Barat, Danramil Sinjai Tengah dan Barat, Kapolsek Sinjai Tengah, dan Para Perwakilan Kepala Desa dan BPD se- Kecamatan Sinjai Tengah dan Barat sebagai peserta. (*)