Dandim 1424 Sinjai Sosialisasi Lomba Karya Tulis Jurnalistik TMMD

BONEPOS.COM, SINJAI - Dandim 1424 Sinjai Letkol. Inf. Oo Sahrojat mensosialisasikan Lomba Karya Tulis Jurnalistik TMMD Ke-105 T.A. 2019 kepada insan Media Se- Wilayah Kabupaten Sinjai di Aula Mabbulo Sipeppa Kodim 1424/Sinjai, Jum’at kemarin 21 Juni 2019.

Dandim 1424 Sinjai, Letkol.Inf Oo Sahrojat menjelaskan bahwa lomba jurnalistik tersebut merupakan salah satu dari rangkaian hasil rapat Koordinasi Teknis dari TNI Manunggal Membangun Desa ke-105  dengan teman “Bersama TMMD Membangun Untuk Menciptakan Kesejahteraan Masyarakat”.

Oo Sahrojat juga menyampaikan bahwa dengan adanya lomba karya tulis seperti tersebut, maka secara tidak langsung masyarakat mendapat kesempatan untuk memperkenalkan potensi daerah yang diangkat melalui tulisan.

Menurut Letkol Inf Oo Sahrojat bahwa karya tulis yang akan dilombakan nantinya mengangkat pembahasan mengenai peran atau karya bakti TMMD dalam suatu daerah atau wilayah. Adapun peserta lomba meliputi, Sterad dan Dispenad selaku penyelenggara, Kapendam, Dandim/Dansatgas TMMD, Wartawan media online/cetak nasional dan daerah, wartawan media elektronik nasional dan daerah yang secara individual atau Tim sebagai Pelaku lomba, serta anggota KODIM 1424/Sinjai selaku Pendukung. Dan materi lomba merupakan karya tulis berupa opini, artikel serta tayangan mengenai kegiatan TMMD 2019.

Dandim juga menegaskan bahwa tujuan dari lomba karya tulis jurnalistik ini adalah untuk mempopulerkan giat TMMD agar lebih dikenal oleh masyarakat sebagai salah satu giat Operasi Bakti TNI untuk membantu masyarakat dan Pemerintah di daerah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pembangungan sarana/prasarana dan fasilitas umum masyarakat di pedesaan, daerah terpencil, tertinggal dan belum dapat dijangkau oleh Pemerintah. Selain itu, kegiatan ini dinilai mampu untuk menggali potensi kreatif, kritis dan inovatif dari peserta lomba dalam menghasilkan karya jurnalistik mengenai keberhasilan yang telah dicapai pada program TMMD Tahun 2019.

“Lomba ini sekaligus untuk memotivasi Dandim/Dansatgas TMMD untuk mempublikasikan giat TMMD di wilayahnya melalui media massa serta mencari masukan dan hasil karya jurnalistik mengenai upaya-upaya untuk mewujudkan program TMMD yang lebih baik di masa yang akan datang. Juara 2 yang pernah diraih merupakan beban sekaligus tantangan untuk kita semua agar lebih meningkatkan kualitas Karya Tulis Jurnalistik di perlombaan kali ini.” jelasnya.

Selain itu, Oo Sahrojat juga menghimbau agar para peserta tidak hanya fokus pada giat bakti TNI dalam segi pembangunan infrastruktur ataupun pemeliharaan fasilitas umum.

“TNI merupakan ujung tombak rakyat. Banyak sekali peran-peran TNI yang luput dari pemberitaan maupun dari kesadaran masyarakat itu sendiri. Oleh karena itu, menjadi tugas rekan media untuk memblow up Karya Bakti TNI kepada masyarakat dan sinerginya bersama Pemerintah Daerah.” jelas Oo Sahrojat.

Sementara itu, Kepala Dinas Kominfo, H.Firdaus dalam sambutannya menyampaikan bahwa Pemerintah Daerah sangat mengapresiasi adanya kegiatan positif yang diselenggarakan oleh pihak TNI. Hal ini dinilai dapat membuat sinergi yang baik antara TNI  dengan masyarakat.

“Kami tentunya mengharapkan bahwa diantara peserta nantinya ada yang bisa meraih Juara 1 dalam Lomba kali ini, atau minimal mempertahankan juara 2 yang pernah diraih," harapnya.

Ia juga menambahkan agar Sosialisasi ini juga diviralkan di lingkungan masyarakat pada umumnya. Dengan tujuan menanamkan mindset kepada mereka tentang peran TNI dalam pembangunan daerah. Pemerintah Daerah tentu siap memfasilitasi akan hal yang diperlukan selama kegiatan berlangsung.

"Tentunya kami juga berharap agar sosialisasi ini juga diviralkan di lingkungan masyarakat pada umumnya. Dengan tujuan menanamkan mindset kepada mereka tentang peran TNI dalam pembangunan daerah. Pemerintah Daerah tentu siap memfasilitasi akan hal yang diperlukan selama kegiatan berlangsung," kata H.Firdaus.

Sebagaimana diketahui, dalam Sosialisasi tersebut juga telah dihadiri oleh Rekan-rekan media se-Kabupaten Sinjai, Pimpinan Media Online Sinjai Info, Zainal Abidin Ridwan yang pernah meraih Juara 2 Nasional Karya Tulis Jurnalistik pada pelaksanaan TMMD tahun 2017. Adapun kehadirannya untuk menyampaikan trik dan saran dalam Lomba Karya Tulis Tahun 2019. (*)