Sudah Punya Puskesmas, Desa Ini Dibangunkan Puskesmas Kembali

BONEPOS.COM - Pemerintah Daerah Bone dan Dinas Kesehatan berencana kembali membangun puskesmas di Desa Uloe Kecamatan Dua Boccoe, padahal sebelumnya di lokasi ini telah ada puskesmas yang lama beroperasi dan menjadi fasilitas publik.

Lokasi pembangunan puskesmas sendiri rencananya akan ditempatkan pada kompleks bekas Pasar Lama Uloe yang dulunya menjadi sentral perekonomian masyarakat di sana.

Menanggapi rencana tersebut, saat ini berbagai penolakan dilakukan masyarakat sekitar yang merasa pembangunan puskesmas bukan kebutuhan masyarakat saat ini dan diyakini menyerap anggaran yang tidak sedikit. Pembangunan pasar kembali adalah hal yang diyakini mampu membangkitkan perekonomian masyarakat di Desa Uloe dan sekitarnya.

“Kami berharap kedepannya menjadikan kompleks tanah ini (baca: bekas pasar) menjadi pasar harian atau koperasi demi mengembalikan perekonomian Uloe sendiri”, ungkap Yusrang Lambo Made.
Sementara pihak ahli waris tanah yang berlokasikan di bekas pasar desa Uloe sendiri menolak pembangunan puskesmas karena sebelumnya tidak pernah diundang untuk duduk bersama membicarakan rencana ini. Adapun pertemuan yang dilakukan sebelumnya pada 5 Desember 2018 tahun lalu hanyalah sebatas

Sosialisasi Analisis Dampak Lingkunga (AMDAL) jika nantinya memang puskesmas jadi dibangun oleh pemerintah kabupaten dan dinas terkait, bukan pertemuan untuk mencapai kesepakatan guna menyerahkan tanah bekas pasar tersebut dijadikan lokasi puskesmas.

“Kami menolak pembangunan puskesmas, karena tidak jauh dari lokasi sudah fasilatas publik seperti ini dan sebaik-baiknya lokasi pembangunan ditempatkan pada daerah yang lebih membutuhkan”, ungkap Zulhajji, SH, M.Si saat dikomfirmasi.

Walau belum mendapatkan kata sepakat dengan ahli waris, Kepala Desa Uloe melalui pihak Dinas Kesehatan telah menyampaikan kepada masyarakat yang bermukim di kompleks tersebut untuk memberereskan semua barang-barang mereka guna mempersiapkan diri sebelum pembongkaran dilakukan oleh pihak pelaksana, Jumat (21/9/2019) kemarin.

“Melalui Dinas Kesehatan, saya menghimbau kepada masyarakat yang berada di kompleks bekas pasar lama untuk bersiap-siap memindahkan barang-barang mereka karena pembongkaran pasar akan segera dilaksanakan untuk pembangunan puskesmas”, ujar Abdul Rahman Hafid selaku Pemerintah Desa Uloe seusai shalat Jumat di Masjid Riyadhul Muttaqin Appasareng Desa Uloe. “Pembongkaran akan dilakukan pada hari Kamis tanggal 27 Juni mendatang”, pungkasnya kepada jemaah di masjid tersebut.

Penulis:Irzandi