Ratusan Mahasiswa Unhas Ikut Hasanuddin Career Program

BONEPOS.COM, MAKASSAR - Direktorat Alumni dan Penyiapan Karir (DAPK) Unhas kembali menggelar Hasanuddin Career Program (HCP), Sabtu (22/6/2019) di Aula Prof Mattulada. HCP rutin digelar DAPK per triwulan, merupakan program pelatihan dini sebelum memasuki dunia kerja yang ditujukan untuk alumni dan mahaiswa tingkat akhir.

Pada periode HCP kali ini diikuti sekitar 300 mahasiswa dan alumni dari lintas fakultas. Pelatihan yang diberikan adalah pembuatan Curriculum Vitae, tips wawancara kerja, serta tips dan trik TOEFL. Selain itu peserta juga mendapatkan pelatihan tips dan trik psikotes, Tes Potensi Akademik dan mataeri Job seeker of Job Creator.

Acara dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Prof. Dr. drg. A Arsunan Arsin, M.Kes. Turut hadir Kepala Sub Direktorat Penyiapan Karir Dr. A Amidah Amrawaty, S.Pt., M.Si dan sejumlah staf bidang kemahasiswaan.

Dalam sambutannya, Prof. Arsunan menegaskan bahwa, Unhas saat ini memberikan perhatian serius kepada aumninya. Salah satunya dengan rutin menggelar HCP agar para alumni bisa bersaing di pasar kerja setelah lulus dari Kampus Merah.

“Setelah kita melakukan penelusuran alumni, kita kemudian mempunyai data base terkait kondisi alumni kita. Dengan data itu, kita kemudian melakukan beberapa terobosan untuk menjawab persoalan mendasar yang dialami alumni. Misalnya, waktu tunggu alumni kita sebelum memperoleh pekerjaan adalah 5.1 bulan. Kita ini diperkecil, maka salah satunya dengan melakukan persiapan memasuki dunia kerja,” kata Prof Arsunan.

Selain melakukan HCP secara rutin, bentuk perhatian Unhas terhadap alumni juga ditunjukkan dengan kegiatan Unhas Menyapa Alumni (UMA) yang juga rutin dilaksanakan. Kegiatan ini juga bertujuan mendekatkan alumni dengan almamater, terutama alumni yang sudah berhasil.

“Ada ratusan bahkan ribuan alumni kita yang sudah berhasil, yang mempunyai peran nyata di masyarakat pada bidang karir dan profesi masing-masing. Kita merangkul mereka, sehingga mereka juga dapat memberi kontribusi bagi Unhas. Alumni-alumni baru bisa dibina dan dipersiapkan oleh alumni-alumni lama,” jelas Prof. Arsunan yang dikenal produktif menulis artikel dan buku ini.

Hasanuddin Career Program ini direncanakan akan berlangsung hingga Minggu, 23/6/2019.

Penulis:Ahmad Rusli