Talk Show, Mahasiswa di Sinjai Berpeluang Lanjut Kuliah ke Luar Negeri

BONEPOS.COM, SINJAI - Mahasiswa dan Mahasiswi Kabupaten Sinjai akhirnya mendapat peluang untuk melanjutkan perkuliahan di luar negeri.

Hal itu telah diungkapkan langsung oleh Dr. Mukhlis Isma, Asisten Tata Pemerintahan Setdakab Sinjai, saat membuka acara Talk Show "Kuliah di Luar Negeri dan Informasi Beasiswa" yang berlangsung di Gedung Pertemuan, Minggu 23 Juni 2019.

Acara Talk Show tersebut telah diselenggarakan oleh Sinjai Going Global, bekerja sama dengan Kampus STISIP Muhammadiyah Sinjai dan Lembaga kursus EED.

Asisten Tata Pemerintahan Setdakab Sinjai, Dr. Mukhlis Isma, dalam sambutannya menyampaikan bahwa Pemerintah Daerah Kabupaten Sinjai sangat mengapresiasi event terdebut.

Menurut Mukhlis Isma, bahwa acara tersebut memberikan efek positif kepada para peserta untuk mendapatkan informasi mengenai studi di luar negeri dan informasi beasiswa. Selain itu, hal tersebut juga memotivasi peserta yang merupakan pelajar dan mahasiswa untuk tidak ragu lagi untuk melanjutkan pendidikan di luar negeri

“Meskipun kita tidak hidup di kota besar, tapi bukan berarti kita tidak punya kesempatan untuk mengenyam studi di luar negeri. Untuk itu kami menghimbau agar jangan segan-segan mencari informasi mengenai studi luar negeri. Selain itu, bekal berupa kemampuan berbahasa asing, terutama Bahasa Inggris harus diasah sebagai modal utama. Bagaimanapun, akan sangat membanggakan jika ada Putra dan Putri Sinjai yang mendapatkan kesempatan untuk melanjutkan studinya di luar negeri.” Jelasnya.

Asisten Tata Pemerintahan juga membagikan sedikit pengalamannya kepada peserta tentang bagaimana melanjutkan pendidikan di luar negeri. Diketahui beliau pernah mengikuti Pendidikan Jangka Pendek di USA beberapa tahun silam sebagai Tugas Belajar dari Pemerintah.

Acara Talk Show ini menghadirkan 3 Guest Speaker yang memiliki pengalaman dalam hal Study Abroad, yaitu; CEO & Founder NIEC Indonesia ( Alumni ICHM Adelaide, Australia )Arnantyo Aryisworo, Corporate Sales & Marketing NIEC, Nazar Malik ( Duta Muda ASEAN Indonesia - Jepang YSEALI Profellowa, Chicago USA ), dan Head of International Department of FRI-Europe, Oleksandr Shvets ( Master of European Study In Jagelonian University Poland ).

Dalam acara Talk Show, dihadirkan sesi tanya jawab antara Peserta dan Narasumber. Dalam kesempatan ini, 3 Narasumber yang dihadirkan mempresentasikan mengenai Study Abroad dan Scholarship. Selain itu, mereka memberikan tips dan saran bagaimana langkah-langkah dan persiapan dalam melanjutkan Study ke Luar Negeri dan cara agar memperoleh Beasiswa.

Lebih lanjut, Asisten Tata Pemerintahan mengagakan bahwa Pemerintah Daerah akan melakukan Koordinasi mengenai pemberian beasiswa bagi putra dan putri Daerah Sinjai yang melanjutkan pendidikan di luar negeri. (*)