Siap Ke Tanah Suci, 855 JCH Bone Ikuti Manasik Haji

BONEPOS.COM, BONE - Sebanyak 855 Jamaah Calon Haji (JCH) mengikuti manasik haji yang digelar Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan, di Masjid Agung Al-Markas Al-Ma’arif Kabupaten Bone, mulai Senin, 24 Juni 2019.

Bimbingan manasik haji oleh Kemenag merupakan salah satu hak pelayanan calon haji, untuk memberikan pengetahuan tentang rukun wajib dan sunah haji.

“Ini telah menjadi tugas pemerintah tentang penyelenggaraan haji. Manasik ini akan dijelaskan secara detail dan harus dipahami tata cara pelaksanaan haji agar memperoleh haji mabrur,” kata Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Bone H. Wahyuddin Hakim.

Pada kesempatan itu, Kakan Kemenag Bone juga melaporkan jumlah kuota Jamaah Calon Haji (JCH) Kabupaten Bone tahun ini sebanyak 855 orang termasuk TPHD 7 orang dan penambahan kuota 82 orang.

Terkait persoalan perlunya pemahaman tekhnis pelaksanaan Ibdaha Haji juga disampaikan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Selatan H. Anwar Abubakar, S.Ag., M.Pd.

Menurutnya manasik haji merupakan kegiatan nasional yang terlaksana diseluruh Indonesia. JCH harus mengikuti rangkaian manasik sampai akhir. “Sempurnakan segala sesuatunya yang berkaitan pelaksanaan haji agar memperoleh predikat haji mabrur,” harap Kakanwil Kemenag Sulsel.

Selain itu, ia juga berharap agar JCH dapat menjaga nama baik tanah air hingga dikenang di dunia dengan cara berperilaku tertib dalam pelaksanaan atau taat aturan dan sabar melaksanakan ibadah.

Senada dikatakan oleh Bupati Bone Dr. H. A. Fahsar Mahdin Padjalangi, M.Si saat membuka kegiatan. Menurutnya manasik haji dilaksanakan sebagai tugas pemerintah untuk meyakinkan persiapan jamaah.

Bupati Bone berpesan kepada Jamaah agar menjaga nama baik bangsa dan negara khususnya Bone yang dikenal sebagai masyarakatnya yang santun, beradat dan berbudaya. "Tidak lupa juga saya titipkan doa terbaik agar Bone tetap dalam lindungan Allah dan senantiasa selalu diberkahi sehingga masyarakatnya semakin baik, sejahtera dan beriman," harapnya.