Aplikasi Online PPDB Error, Orang Tua Siswa Kecewa

BONEPOS.COM, BONE - Orang tua siswa merasa kecewa dan cemas lantaran aplikasi online Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) serentak mengalami Error. Matinya aplikasi tersebut membuat proses pendaftaran dan verifikasi pada hari kedua, Selasa, (25/6/2019) terpaksa kembali ditunda.

‎"Hari pertama kemarin, Senin (24/6), anak saya disuruh pulang karena sistem aplikasi tidak bisa log in (masuk ke aplikasi), saya datang lagi Selasa (25/6), masih tidak bisa, bagaimana dengan pendaftaran anak saya, sedangkan proses pendaftaran hanya sampai batas Rabu (26/6)," kata Naima Paronda kecewa.

Kekecewaan Naima bertambah karena pihak panitia PPDB di SMAN 1 Bone tak dapat melayani pengaduan orang tua siswa karena proses pendaftaran dan verifikasi terkendala system.

"Kita terpaksa meminta siswa untuk pulang karena kasihan melihat mereka sudah kelelahan menunggu system yang mengalami error sejak pagi pukul 7.00 wita. Meskipun pernah log in tapi baru 30 menit error lagi," ujar Ketua PPDB SMAN 1 Bone Heril.

Selain itu Panitia PPDB juga telah memperlihatkan bukti edaran permohonan maaf dari Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan bahwa gangguan yang terjadi pada system aplikasi tersebut, sehubungan dengan tingginya intensitas pendaftaran pada hari pertama, maka untuk sementara pendaftaran dan verifikasi calon peserta didik ditunda 1x24 jam dalam rangka sinkronisasi dan konsolidasi data.

Sugianto Warium