OPD di Bone Melek Internet

BONEPOS.COM, BONE - Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian menggelar Sosialisasi Pengenalan Jaringan Internet/Intranet Lingkup Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Hotel Tirta Kencana, Jalan Kajaolaliddong No. 63 Watampone, Kamis, 27 Juni 2019.

Sosialisasi Pemerintah Daerah Kabupaten Bone melalui Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian tersebut diikuti sebanyak 60 peserta yang terdiri dari operator Internet/Intranet dan administrator Website masing-masing OPD Lingkup  Pemkab Bone.

Tujuan sosialisasi tersebut diharapkan seluruh peserta sosialisasi dapat memahami penggunaan dan pemanfaatan jaringan internet yang telah disalurkan ke masing-masing OPD.

Di mana infrastruktur jaringan intranet tersebut telah menjangkau sebanyak 38 OPD yang dibangun oleh Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian (Kominfo) Kabupaten Bone.

Dengan ketersediaan jaringan ini memungkinkan seluruh OPD dapat mengakses internet serta menginput data masing-masing melalui aplikasi dan website tanpa kendala karena alasan keterbatasan jaringan.

Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kabupaten Bone Drs.Andi Amran, M.Si. dalam sambutannya saat membuka acara menyampaikan terima kasih setinggi-tingginya kepada seluruh peserta dan narasumber.

“sangat mengapresiasi Bidang Teknologi Informasi atas terselenggaranya kegiatan sosialisasi ini"

” Kominfo hanya memfasilitasi infrastruktur jaringan bekerja sama dengan para stakeholder dan penyedia lainnya. Apabila OPD ingin membangun aplikasi yang dibutuhkan bisa bekerja sama dengan pihak lain, namun tetap melalui verifikasi dan asesment dari Kominfo dan Persandian Kabupaten Bone” ungkap Andi Amran.

Keberadaan Internet/intranet bukan tujuan akhir, melainkan bagaimana kita khususnya selaku pemerintahan memanfaatkannya untuk pelayanan cepat kepada masyarakat

Dalam memberikan pelayanan informasi kepada masyarakat, aplikasi dan website sangat penting. Ia mencontohkan Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) seperti rumah sakit perlu ketersedian informasi melalui aplikasi ataupun website.

Sehingga masyarakat khususnya pasien tidak lagi bersusah payah menunggu nomor antrean apalagi dalam kondisi sedang sakit yang tidak bisa duduk berlama-lama.

“Jadi hanya melihat nomor antrean di aplikasi, pasien dapat menyesuaikan waktunya sehingga tidak lagi capek menunggu di tempat antrean” jelas Andi Amran.

“Dalam hal pelayanan ini terkait dengan salah satu Misi Bapak Bupati Bone, yaitu meningkatkan akses, pemerataan dan kualitas pelayanan kesehatan, pendidikan dan sosial dasar lainnya” Jelasnya.

Kegiatan sosialisasi menghadirkan narasumber Bpk. Yasri,S.Kom. serta Bpk. H.Taharuddin, S.E. masing-masing perwakilan PT.Indosat dan rekanan PT. Telkom Indonesia. Keduanya merupakan tenaga teknis infrastruktur dan jaringan bekerja sama Dinas Kominfo dan Persandian Kabupaten Bone.