Danai Pembangunan Jalan di Bone, Pemkab Diusulkan Pinjam Dana ke Pusat

BONEPOS.COM - JULFIADI Aksi protes warga terhadap rusaknya jalan di Desa Lemo Kecamatan Kajuara Kabupaten Bone, Jumat 14 Juni 2019.

BONEPOS.COM, BONE - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bone, mengusulkan kepada Pemerintah Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan untuk meminta pinjaman dana ke Pemerintah Pusat.

Usulan tersebut diungkapkan Anggota Badan Anggaran (Bangar) DPRD Bone, Andi Ryad Baso Padjalangi, menanggapi tidak cukupnya anggaran pembangunan maupun perbaikan infrastruktur jalan yang ada di Bone.

"Hal itu (Pinjaman dana) bisa dilakukan, Ini usulan kami dari DPRD kepada Pemda, terkait mengatasi kekurangan anggaran di bidang infrastruktur jalan," ungkap Ryad kepada Bonepos.com, Senin, 1 Juli 2019 malam.

Meski demikian lanjut Ryad, sebelum peminjaman dana ini dilakukan, DPRD, pemerintah dan seluruh stake holder harus duduk bersama untuk mempersamakan persepi.

"Seluruh stake holder harus menyamakan persepsi dulu," ujarnya.

Terpisah, Kepala Dinas PU dan Penataan Ruang (PU-Ptr) Kabupaten Bone, Khalil Sihab yang dikonfirmasi terkait pembangunan jalan di Bone menyebutkan, bahwa pembangunan, peningkatan dan rehabilitasi jalan pada tahun 2019 ini sebelum perubahan, hanya sepanjang 18,1 Kilometer.

"Untuk tahun ini pembangunan, peningkatan dan rehabilitasi jalan yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp 32 miliar sepanjang 12,6 kilometer. Sedangkan Dana Alokasi Umum (DAU) hanya sepanjang 5,5 kilometer dengan jumlah anggaran hanya Rp 11 miliar," ungkap Khalil.

Menurut Khalil, anggaran pembangunan, peningkatan dan rehabilitasi jalan pada tahun 2019 ini memang sangat minim, terlebih lagi anggaran untuk perbaikan atau pemeliharaan jalan hanya sebesar Rp 1,2 miliar. Jumlah itu kata Dia tidak sebanding dengan jumlah kerusakan jalan yang ada.

"Kalau ada jalan yang berlubang atau perlu penanganan segera tidak dapat menggunakan dana ini (DAK dan DAU) karena sudah ditentukan pos anggarannya," jelasnya.

Untuk diketahui, panjang ruas jalan yang menjadi tanggung jawab Pemkab Bone mencapai 2.474 Kilometer. Jika akan dilakukan perbaikan secara menyeluruh maka Pemkab Bone membutuhkan anggaran kurang lebih Rp 27 triliun.

Penulis:Iwan Taruna