Tagar #ZaraZettiraHinaPesantren Jadi Trending Topic

BONEPOS.COM,  Media sosial twitter tengah heboh dengan kemunculan tagar #ZaraZettiraHinaPesantren. Tagar tersebut langsung menduduki posisi nomor 1 sebagai topik terhangat yang paling banyak dibicarakan di media sosial.

Dilansir dari halaman Suara.com, sudah ada lebih dari 1.800 orang yang membuat cuitan menggunakan tagar #ZaraZettiraHinaPesanren. Warganet tidak terima dengan penulis sekaligus politisi Partai Demokrat itu yang dianggap menghina pesantren.

Kemunculan tagar tersebut berawal dari cuitan Zara Zettira mengomentari sebuah pemberitaan dari media mainstream. Media tersebut memberitakan mengenai beberapa skandal korupsi yang sedang membelit Kementerian Agama.

"Tradisi pesantren jangan dibawa ke Kementerian, camkan!" kata Zara Zettira seperti dikutip Suara.com, Jumat 5 Juli 2019

Tagar #ZaraZettiraHinaPesantren jadi trending topic (Twitter)
Tagar #ZaraZettiraHinaPesantren jadi trending topic (Twitter)

Cuitan tersebut dibuat pada Rabu (3/7/2019). Saat Suara.com mencoba menelusuri akun Twitter Zara Zettria @zarrazettirazr, kini akun tersebut telah menghilang. Akun tersebut diduga telah dinonaktifkan oleh pemiliknya.

Muncul tulisan seperti berikut, "Maaf, halaman tersebut tidak ada! Anda dapat mencari di Twitter menggunakan kotak pencarian di bawah ini atau kembali ke halaman beranda".

Cuitan Zara Zettira diduga menghina pesantren (Twitter/ @zarazettirazr)Cuitan Zara Zettira diduga menghina pesantren (Twitter/ @zarazettirazr)

Cuitan kontroversial Zara Zettira tersebut memantik kemarahan warganet. Banyak warganet yang tidak terima dengan pernyataan Zara Zettira yang dianggap telah menghina pesantren.

"Pesantren itu tempat memperoleh ilmu dunia dan akhirat mbak. Emang mbak @zarazettirazr tahu tradisi pesantren? Situ mah cukup tahu pensil alis sama otak udang aja lah," kata @fachrian_rifan.

"Tradisi yang dimaksud mbak @zarazettirazr adalah bisyaroh, pemberian amplop ke kiai. Tapi karena pernah ada pemakaian istilah itu untuk aktivitas gratifikasi, muncul anggapan semua tradisi pesantren adalah seperti itu, dan harus dijauhkan dari kementerian," ungkap @stakof.

"Saya yang dilahirkan di Jombang kota santri kota pesantren gak akan terima jika pesantren dihina mengajarkan korupsi. Ibunya belum pernah mondok?" ujar @milaluckyta94.

"Hati-hati ya kalo ngetweet @zarazettirazr pakai otak. Anak saya dua-duanya di pesantren, prestasinya bagus yang perempuan umur 8 tahun sudah hafal 30 juz Al Quran, yang laki-laki sudah bisa ceramah dalam dua bahasa asing. Pesantren tempat menempa ilmu yang baik, bukan seperti pemikiran otak busukmu," tutur @kangdede78.

"Secara tak langsung Zara Zettira ini mengatakan korupsi adalah tradisi pesantren, pernyataan yang kurang ajar yang keluar dari orang yang terbiasa menelan & memuntahkan hoax & kebencian! #ZarazettiraHinaPesantren," kicau akun @GunRomli