Desa Pitumpidange, Bone Raih Penghargaan Desa Inovatif Terbaik Region I

BONEPOS.COM, BONE - Satu Desa wilayah di Kecamatan Libureng yakni, Desa Pitumpidange, pada bursa inovasi desa dan kelurahan, bursa desa inovatif yang diselenggarakan oleh Kementerian Dalam Negeri dalam hal ini Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID) di Kecamatan Kahu, senin, 8 Juli 2019, dinobatkan sebagai desa inovator terbaik region I, Bone bagian selatan.

Dinobatkannya Desa Pitumpidange Kecamatan Libureng tersebut bukan sesuatu yang mengejutkan, mengingat selama ini Desa tersebut sudah beberapa kali raih penghargaan, baik, tingkat Kecamatan hingga tingkat Nasional.

Lomba yang digelar sehari pada senin, 8 Juli 2019, itu merupakan ajang untuk memilih desa atau kelurahan yang memiliki inovasi dan memenuhi kritaria yang telah ditetapkan TPID, khusus di region I, yakni bersama Kecamatan Libureng, Patimpeng, Kahu dan Bontocani.

Camat Libureng, Andi Rahmat Musrya, dihubungi tribunbone, senin, 8 Juli 2019, bersyukur atas keberhasilan Desa Pitumpidange, mewakili Kecamatan Libureng meraih penghargaan Inovator Desa Terbaik. Desa Pitumpidangelah paling inovatif melaksanakan komitmen untuk Desa di Libureng, sehingga dapat penghargaan ini."katanya.

Semuanya punya inovasi, sambung Rahmat, diantara semua berinovasi Desa Pitumpidange dapat penghargaan karena paling banyak inovasinya dan komitmen juga dalam APDes-nya. Jadi semua kecamatan semua ada inovasinya masing-masing sementara penyelenggaranya adalah Tim Pengelolaan Inovasi Desa (TPID) wilayah region I yang meliputi kecamatan, Libureng, Patimpeng, Kahu dan Bontocani."bebernya.

Dihubungi terpisah, ketua Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID) Kecamatan Libureng, Qadri Paewai, mengatakan, kreteria penilaiannya, karena di Libureng, inovasinya bagus, inovasinya pakai Dana Desa (DD) sudah masuk APdes, sehingga itu bisa masuk terbaik."Ungkapnya.

Inovasi Desa Pitumpidange, sudah didanai Dana Desa (DD) itu membuat inovasi Desa dan ini paling "wow", inovasinya adalah Desa Pitumpidange diregion I raih penghargaan inovator Desa terbaik."Tutup Qadri.

Penulis:Amry Amas