Akbar Mukmin Apresiasi Bursa Inovasi Desa di Sinjai

BONEPOS.COM, SINJAI - Sekda Sinjai, Drs Akbar Mukmin, mengapresiasi kegiatan bursa Inovasi Desa Region I Kabupaten Sinjai Tahun 2019 yang digelar di Taman Wisata Hutan Mangrove Tongke-Tongke, Kecamatan Sinjai Timur, Selasa 9 Juli 2019.

Bursa Inovasi Desa dengan tema “Praktek Cerdas Masyarakat Desa Menuju Kabupaten Sinjai Bermartabat” merupakan Program Inovasi Desa hasil kerja sama antara Pemerintah Kabupaten Sinjai dengan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal Dan Transmigrasi.

Program Inovasi Daerah yang merupakan Implementasi dari Undang-Undang Desa No.6 Tahun 2014 ini bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan desa di Bidang Sumber Daya Manusia, Bidang Infrastruktur, dan Bidang Kewirausahaan.

Kepala Dinas PMD, A. Zainal Arifin Nur, yang juga selaku Ketua Tim Inovasi Kabupaten Sinjai menyampaikan bahwa Program Inovasi Desa merupakan salah satu upaya Kementerian Desa PDTT dalam mempercepat penanggulangan kemiskinan di Desa melalui pemanfaatan dana Desa secara lebih berkualitas. Melalui Program Inovasi Desa diharapkan mampu memicu munculnya inovasi dan pertukaran pengetahuan secara partisipatif.

Sementara itu, Sekretaris Daerah, Drs.Akbar Mukmin dalam sambutannya mengatakan bahwa untuk para pemangku kebijakan desa agar memanfaatkan wadah bursa Inovasi Desa sebagai langkah strategis untuk berinovasi di desa masing-masing.

"Inovasi yang dimaksud disini adalah inovasi yang tepat untuk direplikasi. Inovasi yang sesuai dengan potensi lokal yang dimiliki, mampu menjawab permasalahan yang ada di desa dan meningkatkan kesejahteraan warga desa serta berkomitmen untuk menindaklanjuti dengan langkah-langkah administratif dan politis," kata Akbar Mukmin.

Akbar juga mengatakan bahwa dalam hal ini, Pemerintah mengapresiasi penuh penyelenggaraan bursa inovasi desa tersebut, dengan keyakinan bahwa melalui moment bursa Inovasi Desa, potensi-potensi yang ada di Kabupaten Sinjai akan terekspos dengan baik.

"Kami dari pihak Pemerintah Daerah Sinjai sangat mengapresiasi kegiatan bursa Inovasi ini. Terutama inovasi yang dilakukan di tingkat Desa. Sehingga dengan demikian semakin banyak Desa yang berinovasi, maka semakin beragam pula potensi-potensi yang bisa dikembangkan di daerah Sinjai menuju “Terwujudnya Masyarakat Sinjai Yang Mandiri, Berkeadilan, Dan Religius Melalui Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia Yang Unggul Dan Berdaya Saing," kata Akbar Mukmin.

Untuk diketahui, menu Bursa Inovasi Desa yang digunakan pada tahun 2019 tersebut adalah Dokumen Pembelajaran yang ditetapkan pusat dan telah dipilih oleh Tim Inovasi Kabupaten dan TPID Kecamatan berdasarkan profil Desa yang ada di Kabupaten Sinjai.

Acara tersebut turut dihadiri oleh Wakil Ketua DPRD Sinjai, Forkopimda Sinjai, Para Kepala OPD, Para Kepala Desa Kabupaten Sinjai, Unsur Tripika dari Kecamatan Sinjai Timur, Kecamatan Bulupoddo dan Kecamatan Pulau Sembilan, para Tim Inovasi Desa, dan para Tokoh masyarakat. (*)