Mappesangka, Bone Enggan Ikut Perayaan HUT RI di Patimpa

BONEPOS.COM, BONE - Dua perwakilan warga Desa Mappesangka yang sempat berdialog dengan Pemerintah Kecamatan Ponre, gagal membawa kabar gembira, pasalnya pertemuan yang membahas mengenai penetapan tuan perayaan HUT RI yang ke-74, yang diyakini ditunjuk Desa Mappesangka sebagai tuan rumah tak disepakati oleh forum rapat.

Dari hasil rapat pertemuan yang mengundang semua perwakilan desa, menghasilkan keputusan, bahwa tuan rumah pelaksana perayaan HUT RI tingkat kecamatan Ponre, ditetapkan Desa Patimpa sebagai tuan rumah. Dua perwakilan itu harus pulang dengan menelan pil pahit kekecewaan.

Kepala Dusun Bakunge, Ardiansyah dihubungi bonepos.com, senin, 8 Juli 2019, mengatakan, kami tidak menyanggupi untuk turut serta diperayaan HUT RI di dilonrong, karena banyak pertimbangan, pertama faktor utama jarak cukup jauh sehingga membutuhkan biaya akomodasi dan transportasi cukup tinggi belum lagi masih suasana perayaan Hari Raya idul adha, kita masih disibukkan dengan suasana lebaran. "tegasnya.

Salah seorang tokoh masyarakat Mappesangka, Mappiati, kepada bonepos.com,mengatakan, kami sebenarnya kecewa dengan keputusan rapat yang menetapkan Patimpa tuan rumah perayaan HUT RI, padahal kami meminta kepada kepada forum rapat dan pak Camat agar pelaksana HUT RI adalah Mappesangka, namun tidak disepakati."

Dia menambahkan, kami tidak akan bergabung disana (Patimpa), perayaan HUT RI tetap kami gelar didesa kami, meski tak harus merayakan di Patimpa, ditempat kami pun jadi dirayakan meski perayaan yang sederhana saja."katanya.

Dihubungi terpisah Kepala desa Turu Adae, A. Asirah Rasyid, kepada bonepos.com, menggungkapkan, kita sudah meminta dan memberikan alasan kepada camat. Tapi sepertinya alasan kita tidak diterima. Tapi janjinya tahun depan pasti dikasih di Mappesangka dan Turu Adae. Dan lihat situasinya saja nanti yang penting semuanya baik-baik."katanya.

Camat Ponre H. Amirat A, S. Sos. M. Si, saat menyampaikan sambutan usai melaksanakan shalat jumat di Masjid Jami' Hikmah, Bakunge, mengatakan, kami sebagai pemerintah kecamatan menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya kepada warga Desa Mappesangka dan Turu Adae."katanya.

Dari hasil keputusan rapat memutuskan bahwa pelaksanaan perayaan HUT RI ke-74 tahun ini dipusatkan di Desa Patimpa, dan Insya Allah kalau kami masih menjabat sebagai Camat atau ada Camat baru, tahun depan, dan insya Allah desa Mappesangka sebagai tuan rumah."tuturnya dihadapan ratusan jamaah shalat jumat lalu, 5 Juli 2019.

Penulis: Amry Amas