Asisten II Pemkab Sinjai Buka Program Inovasi Desa

BONEPOS.COM, SINJAI - Asisten II Setdakab Sinjai, Dr. Hj. Nikmat B Situru, membuka kegiatan program Bursa Inovasi Kabupaten Sinjai Provinsi Sulawesi Selatan 2019 Region ll Kabupaten Sinjai, yang meliputi Kecamatan Sinjai Selatan, Kecamatan Tellulimpoe, Kecamatan Sinjai Borong, yang bertempat di gedung pertemuan serbaguna Desa Saotengah Kecamatan Tellulimpoe. Kamis 11 Juli 2019.

Bahri selaku Ketua Panitia Bursa Inovasi Desa, menyampaikan bahwa kegiatan ini memperkenalkan inisiatif atau kegiatan pembagunan Desa, dan pemberdayaan masyarakat yang inovatif yang ada di desa-desa, menjaring inisiatif atau kegiatan pembagunan Desa dan pemberdayaan masyarakat yang belum terdokumentasi, serta sebagai ruang konsultasi Desa dalam pelaksanaan dukungan penyediaan peningkatan kapasitas teknis Desa.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Sinjai yang diwakili oleh Hj. Sukmawati, menyampaikan program inovasi desa merupakan salah satu upayah Kementrian Desa PDT dalam mempercepat penaggulagan kemiskinan di Desa melalui pemanfaatan dana Desa secara lebih berkualitas dengan strategi pembagunan kapasitas Desa secara berkelanjutan khususnya dalam bidang pengembangan ekonomi lokal dan kewirausahaan, pengembangan sumber daya manusia, pelayanan sosial dasar, serta infrastruktur Desa.

"Melalui program inovasi Desa diharapkan mampu memicu munculnya inovasi dan pertukaran pengetahuan secara partisipatif dan merupakan salah satu bentuk dukungan kepada Desa agar lebih efektif dalam menyusun penggunaan dana Desa sebagai investasi dalam peningkatan produktivitas dan kesejahteraan masyarakat," kata Hj.Sukmawati.

Dalam mensukseskan program inovasi desa maka salah satu kegiatannya adalah bursa inovasi desa yang merupakan forum penyebaran dan pertukaran inisiatif atau inovasi yang berkembang di desa-desa. Bursa inovasi desa dimaksudkan untuk menjembatani kebutuhan Pemerintah Desa akan pilihan solusi pagi penyelesaiyan masalah, serta inisiatif atau alternatif kegiatan pembangunan desa dalam rangka penggunaan dana Desa yang lebih efektif dan inovatif.

"Kami mengharapkan kepada para kepala Desa, BPD agar dapat mereplikasi bursa inovasi Desa untuk di masukkan dalam APB Desa tahun 2019," harap Hj.Sukmawati.

Sementara itu, Asisten Administrasi Perekonomian Pembangunan dan Kesra Dr. Hj.Nikmat B Situru, dalam sambutanya menyambut baik dan sangat mengapresiasi penyelenggaraan bursa inovasi desa tersebut, sebab melalui momentum bursa inovasi Desa, potensi-potensi yang ada di Kabupaten Sinjai akan terekspos dengan baik terutama inovasi yang dilakukan ditingkat Desa.

Dengan demikian, lanjut Hj.Nikmat, bahwa makin banyak Desa yang berinovasi, maka semakin beragam pula potensi-potensi yang bisa dikembangkan di daerah Sinjai untuk menuju terwujudnya masyarakat Sinjai yang mandiri, berkeadilan dan religius.melalui peningkatan kualitas sumber daya manusia yang unggul dan berdaya saing.

Hj.Nikmat juga mengatakan bahwa sangatlah tepat kiranya pada momen tersebut, dimana para pemangku kebijakan tingkat Desa hadir ditempat tersebut, dapat memanfaatkan wadah bursa inovasi Desa sebagai langkah strategis untuk berinovasi di Desa masing-masing.
Saya mengharapkan para Kepala Desa untuk betul-betul dapat mencari contoh inovasi yang tepat untuk direplikasi.

"Saya minta kepada para kepala desa untuk secara bersungguh-sungguh mengawal proses pelaksanaan inovasi tersebut komitmen yang akan direplikasi agar kiranya segera ditindaklanjuti dengan langkah-langkah Administratif dan politis, yaitu dengan melalui proses perencanaan Desa dan memberikan pemahaman kepada masyarakat, BPD dan stakeholder lainnya. Saya mengharapkan para Kepala Desa untuk betul-betul dapat mencari contoh inovasi yang tepat untuk direplikasi," ungkap Hj.Nikmat.

Selain itu, Hj.Nikmat juga menginginkan agar proses Replikasi inovasi di desa tersebut dapat berjalan dengan baik dan peran para camat untuk dapat mengawal proses tersebut di Desa masing-masing. Dan begitu pula para perangkat daerah Kabupaten Sinjai, untuk dapat membuka ruang diskusi dengan para Kepala Desa apabila membutuhkan pertimbangan-pertimbangan terkait inovasi yang akan dilakukan. Sehingga seluruh pendamping desa untuk tetap bekerja secara optimal mendampingi desa dalam menjalankan replikasi inovasi, begitu pun dengan proses -proses lainnya sesuai tanggung jawab selaku pendamping Desa.

"Saya berharap bursa inovasi Desa ini dapat berjalan dengan baik. Desa dengan sumber daya yang dimilikinya termasuk dengan kekuatan anggaran yang sudah ada. Kegiatan-kegiatan optimalisasi inovasi bisa dilaksanakan, semoga kegiatan ini dapat berjalan dengan sukses dan memberikan manfaat untuk masyarakat Sinjai serta memajukan Desa kita dan kabupaten Sinjai yang kita cintai bersama," kata Hj.Nikmat.

Kegiatan tersebut di hadiri oleh wakil ketua DPRD I, Camat Tellulimpoe, para anggota tim inovasi Kabupaten Sinjai, para Kepala Desa, BPD, dan parah tokoh masyarakat, para pendamping Desa P3MD kabupaten Sinjai, para Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID). (*)