Tim Verifikator Proklim Sambangi Dua Desa di Sinjai

BONEPOS.COM, SINJAI - Tim verifikasi nasional Program Kampung Iklim atau Proklim, mengunjungi Dusun Bonto Bundu, Desa Pattalassang, Kecamatan Sinjai Timur, Rabu 10 Juli 2019.

Program Kampung Iklim (Proklim) merupakan program berlingkup nasional dikelola oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dalam rangka meningkatkan keterlibatan masyarakat dalam melakukan aksi adaptasi dan mitigasi perubahan iklim, serta penurunan emisi gas rumah kaca.

Setiap lokasi Proklim memiliki ciri khas dan keunikan tersendiri, disesuaikan dengan kondisi lapangan dan kultur budaya daerah setempat, salah satunya Di dusun Bonto bundu, Desa Pattallassang Kecamatan Sinjai Timur dan Dusun Potohoni, Desa palae, Kecamatan Sinjai Selatan.

Tim Verifikasi dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Sudarwanto, mengatakan Kedatangan tim untuk melihat secara langsung keberadaan desa yang saat ini dinilai layak sekaligus dalam rangka evaluasi dari Verifikator Kementerian Lingkungan Hidup melalui Pengendalian Perubahan Iklim dan Kebakaran hutan dan Lahan Wilayah kabupaten sinjai. Dilokasi, tim verifikasi langsung mendengarkan penjelasan tentang Proklim di Dusun Bonto Bundu dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Sinjai.

"Kedatangan tim untuk melihat secara langsung keberadaan desa yang saat ini dinilai layak sekaligus dalam rangka evaluasi dari Verifikator Kementerian Lingkungan Hidup melalui Pengendalian Perubahan Iklim dan Kebakaran Hutan dan Lahan Wilayah Kabupaten Sinjai,"

Terpisah, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Sinjai, Arifuddin mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi dan tentunya Pemkab Sinjai yang telah banyak membimbing dalam penerapan Proklim di wilayahnya.
Mengingat, sebut dia, untuk pelaksanaannya serta merta bisa dipahami masyarakat namun memerlukan proses waktu yang panjang serta membutuhkan adanya sinergitas pemerintah.

"Yang pasti kita berharap keberhasilan ini nantinya mampu menjadi contoh dan motivasi bagi masyarakat desa-desa lainnya," harapnya.

Sementara, Camat Sinjai Timur, yang diwakili Sekretaris Kecamatan, Syahrul Paesa juga mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dalam menyukseskan kegiatan Proklim di Desa Pattallassang.

Sudarwanto yang juga pejabat di Balai Pengendalian Perubahan Iklim dan Kebakaran Hutan dan Lahan KLHK RI, ini direncanakan juga akan melakukan verifikasi lokasi Proklim di Dusun Patohoni, Desa Palae, Kecamatan Sinjai Selatan.

"Tujuan Proklim untuk melakukan penguatan kapasitas adaptasi terhadap dampak perubahan iklim dan penurunan emisi Gas Rumah Kaca, serta memberikan pengakuan terhadap upaya adaptasi dan mitigasi perubahan iklim yang telah dilakukan yang dapat meningkatkan kesejahteraan di tingkat lokal sesuai dengan kondisi wilayah," kata Sarwanto. (*)