Harga Tiket Pesawat Turun Sejak Kamis, Ini Daftar Maskapainya

BONEPOS.COM, Mulai hari Kamis , 11 Juli 2019 harga tiket pesawat mengalami penurunan. Pemerintah telah memutuskan penurunan tiket pesawat sebesar 50 persen dari tarif batas atas (TBA).

Hari ini maskapai penerbangan berbiaya murah atau low cost carrier (LCC) di Indonesia, yakni Citilink dan Lion Air, menurunkan harga tiket.

Hal itu sesuai dengan kebijakan pemerintah yang mewajibkan maskapai LCC untuk menerapkan tarif 50 persen lebih murah dari tarif batas atas (TBA) yang telah ditentukan pada Selasa, Kamis, dan Sabtu untuk jadawal penerbangan pukul 10.00 sampai 14.00 waktu setempat.

Namun, diskon itu hanya berlaku untuk 30 persen dari total keseluruhan kursi yang tersedia dalam satu pesawat. “Jadi nanti besok (hari ini) pemberlakuan tarif khusus yang 50 persen,” ujar Sekretaris Kementerian Kordinator Bidang Perekonomian Susiwijono di kantornya, Jakarta, Rabu (10/7/2019).

1. Citilink

Sebagai maskapai penerbangan berbiaya rendah (Low Cost Carrier/LCC), Citilink sepakat untuk menjual tiket penerbangan murah sebanyak 62 penerbangan per harinya setiap Selasa, Kamis, dan Sabtu mulai dari pukul 10.00 WIB sampai dengan 14.00 WIB dengan menyiapkan sebanyak 3.348 kursi.

Sebelumnya VP Corporate Secretary & CSR Citilink Indonesia, Resty Kusandarina mengatakan selama ini tiket pesawat yang dijual oleh Citilink selalu berada di bawah besaran tarif batas atas yang ditetapkan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) selalu operator.

"Citilink Indonesia dalam operasionalnya akan mematuhi peraturan yang ditetapkan oleh regulator," kata Resty beberapa waktu lalu.

2. Lion Air Menyediakan 146 Penerbangan

Sedangkan untuk maskapai Lion Air Group sendiri akan menyediakan 146 penerbangan per hari di waktu dan jam-jam tertentu yang telah diatur oleh pemerintah dengan menyiapkan sebanyak 8.278 kursi.

Sekretaris Kementerian Koordinator Perekonomian, Susiwijono, mengatakan jika Citilink menyiapkan 3.348 kursi sedangkan Lion Air menyediakan 8.278 kursi. Jika ditotal kursi yang disediakan kedua maskapai dalam sehari yakni sebanyak 11.626 kursi

"Jadi rekan-rekan sekalian ada 62 flight Citilink dan 146 flight Lion Air yang kita dedikasikan per hari untuk menyediakan penerbangan murah dengan penurunan 50 persen dari TBA untuk 30 persen dari alokasi," kata Susiwijono.

3. AirAsia

"Kami diminta (menurunkan) 50 persen di jam dan hari tertentu dan itu sudah kami sampaikan data-datanya. Tadi kami juga rapat seperti yang disampaikan Kementerian Perekonomian, kalau kami sudah di bawah 38 persen," kata Direktur Utama AirAsia Indonesia, Dendy Kurniawan di Jakarta, Kamis 4 Juli 2019

Menurut Dendy, maskapai sudah memiliki cara dan strategi sendiri, tidak perlu diatur jam dan hari untuk menurunkan harga tiket pesawat. Selain itu, harga yang diberlakukan di AirAsia berjenjang, tidak pukul rata semua satu harga. Artinya dari 180 kursi dalam satu pesawat tidak semuanya harga Rp1 juta.

"Di mulai dari Rp300.000 hingga Rp500.000 dan berikutnya, karena kami dimulai dari bawah, secara rata-rata kami masih di bawah dari lain," kata Dendy.