Pemkab Bone Siapkan Teknis Pemberangkatan Jamaah Haji

BONEPOS COM, BONE - Jamaah Calon Haji Kelompok Terbang (Kloter) I Bone atau 22 UPG akan bertolak dari Bone ke Asrama Haji Sudiang Makassar pada Senin, 22 Juli 2019.

Jelang pemberangkatan JCH tersbut Pemerintah Kabupaten Bone dalam hal ini Panitia Penyelenggara Ibada Haji menggelar Rapat Koordinasi Persiapan Teknis Pemberangkatan Jamaah Calon Haji Tahun 2019 di Ruang Rapat Pimpinan Pemkab Bone, 12 Juli 2019.

Rapat dipimpin langsung oleh Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat A. Muh. Yamin, AT., M.Si dan dihadiri Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bone Dr. H. Wahyuddin Hakim, M.Hum, Kepala Bagian Kesra Setda Bone Andi Haikal serta beberapa unsur terkait antaranya Polres, TNI, Dishub, Dinkes, Pimpinan KBIH.

Rapat tersebut membicarakan tentang mekanisme pemberangkatan jamaah mulai dari lokasi pelepasan hingga penerimaan di Asrama Haji Sudiang.

“Masjid Agung Al-Markas Al-Ma’arif Kabupaten Bone menjadi pusat pelepasan jamaah. Segala hal yang bersifat menghambat akan disterilkan baik area parkir Bus disekitar ka’bah praktek manasik, lampu jalan dan Aula Masjid harus senyaman mungkin untuk jamaah,” kata A. Yamin.

Ditegaskannya bahwa kendaraan pengantar jamaah yang merapat diarea penerimaan cuma diperbolehkan menggunakan satu mobil pengantar yang tak terpisahkan dengan kopernya.

Sementara tamu VIP dan panitia pelaksana mutlak menggunakan tanda pengenal atau atribut resmi dari Panitia Penyelenggara Ibadah Haji.

Jamaah kloter pertama dengan jumlah 160 orang termasuk wilayah Bone Barat Lappariaja tiga orang akan berangkat di malam Senin pada, 22 Juli 2019 pukul 01.00 Wita menggunakan 10 Bus. Star di Masjid Agung Bone.

Penerimaan jamaah calon haji kloter I Bone di Asarama Haji Sudiang pada Senin pagi , 22 Juli 2019 sekitar pukul 09.00 Wita.

Selain Kloter pertama, rapat juga membicarakan tentang mekanisme pemberangkatan Kloter II yang berjumlah 450 orang. Tempat pelepasan jamaah Kloter II berada pada dua titik. Selain di Masjid Agung Bone, 205 jamaah dilepaskan di Lappariaja.

Sementara Kloter III dengan jumlah jamaah 245 orang dipusatkan juga di Masjid Agung Bone. Namun jamaah yang tergabung di Kloter III akan diberangkatkan lebih awal setelah Salat Subuh dari waktu yang ditentukan pukul 07.00 Wita pada Jumat, 2 Agustus 2019.