Semangat Gotong Royong di TMMD Wujud Kemanunggalan TNI-Rakyat

BONEPOS.COM, SINJAI - Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) merupakan salah satu kegiatan yang perlu mendapat dukungan oleh semua pihak, termasuk oleh Pemerintah Daerah. Membangun bangsa ini tidak bisa dilakukan oleh satu lembaga atau organisasi tertentu, tetapi perlu dilakukan bersama-sama.

Ini disampaikan Komandan Kodim 1424/Sinjai Letkol Oo Sahrojat selaku Dansatgas TMMD ke 105, ketika dimintai pendapatnya saat di lokasi TMMD.

Ia berpendapat bahwa program TMMD yang dilaksanakan TNI AD dengan terjun langsung ke desa, itu sesuatu yang menggugah masyarakat untuk ikut berpartisipasi.

Selain itu selama ini tidak ada aktifitas yang diprogramkan oleh TNI yang hanya dilakukan sendiri oleh TNI, tetapi senantiasa melibatkan masyarakat sehingga selalu mendapat dukungan dan partisipasi masyarakat.

Seperti halnya TMMD ke–105 di Kecamatan Bulupoddo Kabupaten Sinjai yang menyertakan peran serta masyarakat desa untuk bergotong-royong menyelesaikan pekerjaan fisik di Desa Tompobulu.

Terbukti peran serta masyarakat untuk membantu personel TNI yang tergabung dalam satgas TMMD menunjukkan kemanunggalan TNI-Rakyat tetap terpelihara dengan baik.

"Kita harapkan semangat gotong-royong ini harus terus dijaga, dan program TMMD ini sangat selaras dengan program Pemerintah Daerah, karena sama-sama ingin membangun dan menyejahterakan masyarakat," ujarnya.

Disamping itu kata Dandim, keikutsertaan personel Polri dalam satgas TMMD juga mencerminkan soliditas TNI dan Polri dalam mewujudkan masyarakat Indonesia yang sejahtera.

Lanjut dikatakan Letkol Oo Sahrojat, bahwa selama ini TNI senantiasa dirindukan oleh rakyat, karena salah satu ketertinggalan dewasa ini adalah persoalan kedisiplinan yang belum tertanam bagus di tengah masyarakat.

"Disini peran TNI membawa kedisiplinan yang cukup bagus, sehingga kalau itu tertanam di tengah-tengah pergaulan dan kehidupan masyarakat maka dengan sendirinya menjadi modal utama untuk mempercepat laju pembangunan," tuturnya.

"Dengan disiplin dalam programnya, disiplin dari pelaksanaannya, disiplin dari waktu, maka dengan modal kedisiplinan itu, percepatan pembangunan sebagaimana tujuan negara dapat cepat kita wujudkan," terang Letkol Oo Sahrojat.

Adapun berbagai kegiatan pembangunan yang dilaksanakan melalui program TMMD, dinilai sudah sangat menonjol di masyarakat, karena telah melibatkan rakyat dalam pembangunannya. Keterlibatan prajurit TNI AD dalam pelaksanaan pembangunan di desa-desa itu turut mendorong peningkatkan kesejahteraan masyarakat desa.

Selain itu Program TMMD juga telah menyatukan pandangan masyarakat dengan prajurit TNI bahwa rakyat merasa bersatu dengan TNI dalam melaksanakan kegiatan TMMD ini, sehingga pandangan masyarakat terhadap kegiatan ini sudah berjalan baik.