Gelar KSM Berbasis Komputer, Wahyuddin : Bone Peserta Terbanyak

BONEPOS.COM, BONE - Pelaksanaan Kompetisi Sains Madrasah (KSM) berbasis Komputer atau CBT kembali digelar serentak dan menempatkan Kabupaten Bone sebagai peserta terbesar di Sulawesi Selatan.

Demikian diungkapkan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bone, H. Wahyuddin Hakim saat membuka kegiatan Kompetensi Sains Madrasah (KSM) yang berlangsung di Madrasah Aliyah Negeri 1 Bone, Sabtu, 20 Juli 2019.

Hal ini dibuktikan sebanyak 567 pendaftar dari semua tingkatan madrasah ikut bersaing pada kompetisi sains itu. "Kali ini kita tidak hanya ikutkan dari madrasah tapi juga umum dan saya merasa bangga karena banyaknya peserta pendaftar," ungkap H. Wahyuddin Hakim.

Menurutnya kegiatan ini sangat penting dalam rangka menghargai proses pendidikan menuju penguatan keilmuan khususnya peningkatan sains dan teknologi.

"Patut kita ketahui bahwa madarasah saat ini tidak hanya kuasai ilmu-ilmu agama tapi juga sains dan teknologi," kata H. Wahyuddin.

Sementara itu Panitia penyelenggara Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kementerian Agama Kabupaten Bone H Kasmaruddin menyebutkan jumlah peserta untuk MI 169 orang dari 63 Madrasah, MTs 202 orang dari 58 Madrasah serta MA 109 orang dari 33 Madrasah. "MI dua Mapel meliputi IPA dan Matematika, MTs Mapel Matematika, IPA dan IPS, MA Fisika, Biologi, Matematika, Geografi, Ekonomi serta Kimia," tutur Kasmaruddin.

Ditemui terpisah, Kepala MAN 1 Bone H Muslimin selaku tuan rumah mengatakan, persiapan pelaksanaan KSM di MAN 1 Bone pihaknya telah menyiapkan 20 lokal dan 20 Server. "Setiap peserta masing-masing membawa Laptop," kata Muslimin.

Dia berharap pelaksanaan KSM tahun ini MAN 1 Bone bisa lolos ke tingkat Nasional mengulangi prestasi Nasional di 2016. "Kita sudah pernah tembus ke tingkat Nasional pada tahun 2016 lalu di Yogyakarta atas nama Muh. Ridho Arsyad," ujarnya.