Pulang dari IDF di Jakarta, Ini Oleh-oleh Bupati Bulukumba

BONEPOS.COM, JAKARTA - Bupati AM Sukri Sappewali menghadiri kegiatan Indonesia Development Forum (IDF) tahun 2019 yang dibuka oleh Wakil Presiden H.M Jusuf Kalla yang bertempat di Jakarta Convention Center (JCC), Senin 22 Juli 2019.

Acara ini merupakan konferensi internasional yang diinisiasi oleh Kementerian Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas) dan didukung oleh Pemerintah Australia melalui Knowledge Sector Initiative(KSI).  Kegiatan IDF yang berlangsung selama dua hari merupakan penyelenggaraan yang ketiga setelah sukses dilaksanakan pada tahun 2017 dan 2018 yang lalu. IDF 2019 mengambil subtema Mission Possible: Memanfaatkan Peluang Pekerjaan masa Depan untuk Mendorong Pertumbuhan Inklusif.

H.M.Jusuf Kalla dalam sambutannya membahas tentang pentingnya perencanaan masa depan dan pengembangan sumber daya manusia (SDM) dalam menghadapi tantangan dunia teknologi informasi dan digital. Dia mengharapkan masyarakat Indonesia untuk tidak hanya menjadi konsumen teknologi, tapi juga terlibat dalam teknologi tersebut.

Forum ini dihadiri oleh Duta Besar Australia untuk Indonesia Gary Quinlan, Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, serta beberapa menteri Kabinet Kerja, para gubernur, bupati/walikota, dan kepala Bappeda se-Indonesia.

Forum ini juga menghadirkan 250 orang pembicara dari dalam dan luar negeri. Kegiatan ini diharapkan menjadi wadah bertemu, bertukar gagasan dan solusi dalam menghadapi tantangan pembangunan Indonesia bagi praktisi pembangunan di sektor publik, swasta dan nirlaba.

Selain diundang untuk menghadiri forum ini, Pemerintah Kabupaten Bulukumba juga diundang sebagai salah satu pembicara yakni Wakil Bupati Tomy Satria Yulianto yang akan memperkenalkan ide dan inovasi pasar kuliner yang dilakukan setiap akhir pekan yang bernama Sabtu Keren (SAKER) di lapangan Pemuda Bulukumba.

Bupati AM Sukri Sappewali yang ditemui disela-sela kegiatan sangat  mengapresiasi kegiatan ini. Ia berharap ide, gagasan serta solusi cerdas dari para praktisi dapat diadopsi atau diikuti oleh masyarakat Bulukumba.

“Pemerintah Kabupaten Bulukumba akan berupaya untuk mendorong semakin tumbuh dan berkembangnya ekonomi kreatif yang banyak digagas oleh para generasi muda,” ungkapnya

Kegiatan lainnya yang dilaksanakan pada forum ini adalah pameran pelaku ekonomi kreatif dalam negeri, dimana cukup mendapat perhatian dari peserta yang hadir.

Penulis:Iwan Taruna