Rokok Ilegal Marak Beredar di Bone, Begini Cara Mengenalinya

BONEPOS.COM - HAND OVER Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Bone, menyita sebanyak 20 bungkus rokok ilegal yang tidak memiliki izin resmi, Senin, 22 Juli 2019.

BONEPOS.COM, BONE - Rokok ilegal marak ditemukan beredar di wilayah Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan, Senin, 22 Juli 2019.

Peredaran rokok ini tidak hanya merugikan negara lantaran tidak membayar pajak cukai, namun juga membahayakan kesehatan konsumen lantaran tidak memenuhi standar mutu produk.

Plt. Kabid Trantibum Satpol PP Bone, Andi Baharuddin mengatakan, razia rokok ilegal yang digelar Senin, 22 Juli 2019, pihaknya masih menemukan rokok ilegal yang beredar di kios-kios.

Untuk razia di satu Kecamatan saja kata Dia, pihaknya berhasil sebanyak 20 bungkus rokok ilegal yang tidak dilengkapi pita cukai.

"Tadi kami menemukan 20 bungkus rokok tanpa pita cukai dan rokok dengan pita cukai palsu di beberapa titik yang ada di Kecamatan Barebbo," kata Andi Baharuddin kepada Bonepos.com.

Andi Baharuddin menyebutkan, bahwa salah satu cara untuk mengenali rokok ilegal, yakni dengan memperhatikan pita cukai yang ada pada pembungkus rokok tersebut.

"Misalnya rokok isi 20 batang, namun di pita cukai tertulis 12 batang. Selain itu juga umumnya rokok ilegal ini jauh lebih murah dari harga biasanya," ungkap Dia.

Penulis: Iwan Taruna