Hadiri HGK, Ketua TP PKK Sinjai Tampilkan Kopi Borong Sebagai Produk Unggulan

BONEPOA.COM, SINJAI - Ketua TP PKK Kabupaten Sinjai, Hj. Andi Nurhilda Daramata Seto, menampilkan sejumlah produk asal Sinjai pada saat menghadiri Pembukaan Pameran, dalam rangka Hari Kesatuan Gerak (HKG) Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Nasional Ke-47 Tahun 2019 di Lapangan RTH Imam Bonjol, Kota Padang, Sumatera Barat, Rabu 24 Juli 2019.

Pameran HKG PKK dibuka secara resmi oleh Ketua Umum TP PKK, Erni Guntarti Tjahjo Kumolo.

Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno sebagai tuan rumah menyambut para undangan yang datang ke Tanah Minang dengan menggunakan pantun-pantun melayu dalam sambutannya.

Pada kesempatan tersebut, Gubernur menyampaikan apresiasi atas pengabdian seluruh kader PKK kepada keluarga dan masyarakat.

"Untuk meningkatkan kualitas hidup keluarga, kader PKK mengabdi melalui 10 Pokok PKK. Salah satu bentuknya adalah dengan menciptakan kreasi dan inovasi Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K PKK) yang dipamerkan pada hari ini hingga tanggal 27 Juli mendatang. Apa yang dilaksanakan oleh PKK semata-mata untuk membawa kualitas hidup keluarga menjadi lebih baik dan sejahtera. Sehingga kita semua patut berterimakasih kepada seluruh kader PKK," kata Irwan.

Ketua Umum TP PKK, Erni Guntarti Tjahjo Kumolo dalam sambutannya mengatakan bahwa PKK adalah harmonisasi dua unsur manajemen, yaitu manajemen pembangunan dan pemerintahan. Di satu sisi, kesejahteraan keluarga dan masyarakat merupakan faktor penting dalam manajemen pembangunan, sedangkan di sisi lain pembangunan adalah kunci manajemen pemerintahan.

"Melalui pertukaran informasi antar provinsi/kabupaten/kota yang hadir dan berpartisipasi dalam pameran, saya berharap PKK dapat memanfaatkan kesempatan untuk menambah pengetahuan dan wawasan dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga di seluruh Indonesia," ungkap Erni Guntarti.

Sementara itu, Ketua TP PKK Kabupaten Sinjai, Andi Nurhilda Daramata Seto mengatakan bahwa Sinjai turut berpartisipasi dalam Pameran HKG PKK Tahun 2019 dengan mengikutsertakan keripik simpul Poto-Poto dari Kelurahan Bongki Kecamatan Sinjai Utara, serta Kopi Borong dari Desa Bonto Tengnga Kecamatan Sinjai Borong yang disajikan dengan gula semut dari Desa Gantarang, Sinjai Tengah.

Andi Nurhilda berharap event ini tidak hanya menjadi ajang memperkenalkan produk unggulan hasil pembinaan dan pendampingan PKK Kabupaten Sinjai, namun juga mampu memperluas jaringan pemasaran produk-produk tersebut.

"PKK Kabupaten Sinjai akan terus bersama-sama dengan pemerintah daerah untuk melakukan upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat. Dimulai dari peningkatan pendapatan keluarga sebagai unit terkecil hingga lingkup masyarakat secara umum," kata Andi Nurhilda.

Usai pembukaan, Ketua TP PKK Kabupaten Sinjai turut mendampingi Ketua TP PKK Provinsi Sulawesi Selatan, Liestiaty F. Nurdin mengunjungi stand pameran PKK provinsi se-Indonesia dan stand pameran Kabupaten/Kota se-Sumatera Barat.

Pembukaan Pameran HKG PKK Tahun 2019 dihadiri pula oleh Penasehat DWP Setkab RI, Hani Pramono Anung, Pengurus TP PKK Pusat, Ketua TP PKK Provinsi/Kabupaten/Kota se-Indonesia, serta perwakilan kader PKK Provinsi/Kabupaten/Kota se-Indonesia. (*)