Tertembaknya Seorang Residivis di Sinjai

BONEPOS.COM, SINJAI - Unit resmob Polres Sinjai yang dipimpin langsung oleh Kasat Reskrim Polres Sinjai, AKP Noorman Haryanto bersama Kanit Resmob Ipda Sangkala, akhirnya berhasil meringkus salah seorang Residivis, pelaku pencurian dan pembongkaran rumah di sejumlah daerah.

Menurut Kapolres Sinjai, AKBP Sebpril Sesa, melalui Kasat Reskrim, AKP Noorman Haryanto, bahwa penangkapan terhadap TA berawal pada Senin 22 Juli 2019, dimana unit resmob mendapatkan laporan dari masyarakat bahwa telah terjadi pembongkaran rumah (pencurian) dengan tempat kejadian perkara (TKP) di Jalan Bluntas, Kecamatan Sinjai Utara, Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan.

"Setelah mendapat informasi dari masyarakat, kami bersama Tim bergerak cepat menuju dan langsung olah TKP serta mengetahui pelaku pembongkaran rumah adalah berinisial TA, sehingga tim langsung melakukan pencarian terhadap pelaku dan berhasil melakukan penangkapan terhadap pelaku TA di Tekolampe," kata Noorman saat dihubungi bonepos.com, Jum'at malam 26 Juli 2019.

Menurut AKP Noorman Haryanto, bahwa ketika pelaku di introgasi oleh pihaknya, pelaku berinisial TA mengakui kalau dirinya telah melakukan pembongkaran rumah (pencurian) tersebut. Selain itu, pelaku juga mengakui bahwa dirinya juga telah melakukan pencurian di Jalan Baso Kalaka, dengan cara bongkar rumah dan mengambil uang sebanyak Rp.30.000.000 (tiga puluh juta rupiah).

Lebih jauh, AKP Noorman Haryanto, mengatakan bahwa ketika pelaku TA dibawa pihaknya untuk menunjukan TKP dan barang bukti hasil curiannya. TA langsung memberontak dan melarikan diri hingga terjadi aksi kejar-kejaran antara petugas dan pelaku.

"Saat pelaku inisial TA dibawa oleh Tim kami untuk menunjukkan sejumlah TKP serta barang buktinya, tiba-tiba pelaku berontak dan kabur menuju persawahan. Tentunya kami tak ingin pelaku kabur, sehingga anggota kami memberikan tembakan peringatan. Namun tetap tak diindahkan oleh pelaku, hingga terpaksa pihak kami menembak dengan jarak yang terukur tepat pada betis kiri dan betis kanan pelaku. Dan pelaku di bawa ke RSUD Sinjai untuk mendapatkan tindakan medis. Setelah itu, Tim membawa pelaku
ke Mapolres Sinjai untuk dilakukan Proses hukum lebih lanjut," kata Noorman.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, pihak kepolisian Polres Sinjai telah melakukan penahanan terhadap pelaku. Dan adapun barang bukti yang diamankan oleh pihak kepolisian dari pelaku, diantaranya 1 (satu) buah hp Oppo, 1 (satu) buah laptop merek Lenovo. (*)